Real Sociedad 2-2 Barcelona: Posisi Blaugrana di Puncak Terancam

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 15 Desember 2019
Real Sociedad 2-2 Barcelona: Posisi Blaugrana di Puncak Terancam
Antoine Griezmann (twitter/LaLiga)

BolaSkor.com - Barcelona hanya pulang membawa satu poin setelah imbang 2-2 dengan Real Sociedad di Stadion Anoeta atau Reale Arena, Sabtu (14/12) malam WIB. Gol Sociedad datang lewat tendangan penalti Mikel Oyarzabal menit ke-12 dan Alexander Isak (62). Sedangkan gol Barca disumbang Antoine Griezmann (38) dan Luis Suarez (49).

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde melakukan delapan perubahan dari skuat yang menghadapi Inter Milan di tengah pekan. Lionel Messi dan Luis Suarez kembali menjadi starter. Keduanya akan ditemani Antoine Griezmann. Sementara Imanol Alguacil memasukkan Joseba Zaldua, Igor Zubeldia, dan Alexander Isak ke dalam starternya pada laga ini.

Tampil di Reale Arena atau yang dulu dikenal Stadion Anoeta, Sociedad mencoba menekan sejak awal. Tekanan tuan rumah membuahkan hasil ketika mereka mendapatkan hadiah penalti dari wasit pada menit 11.

Penalti diberikan setelah Diego Llorente terjatuh setelah bajunya ditarik oleh Sergio Busquets saat sepakan pojok. Mikel Oyarzabal yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya secara sempurna. Sociedad unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Barcelona mulai meningkatkan serangan. Pada menit ke-15 Barca mendapatkan peluang, namun bola sepakan Luis Suarez masih bisa diamankan kiper Sociedad Alex Ramiro.

Memasuki 20 menit laga berjalan, tuan rumah mulai bisa mengimbangi permainan Barcelona, terutama di lini tengah. Sesekali Oyarzabal, Alexander Isak, Portu, atau Martin Odegaard bisa menembus area berbahaya Barca.

Barcelona berhasil menyamakan kedudukan pada menit 38. Lewat serangan balik cepat, Luis Suarez melepaskan umpan yang meloloskan Griezmann. Penyerang Prancis itu dengan mudah menaklukkan Ramiro lewat cungkilan bolanya. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama selesai.


Babak Kedua

Ketika paruh kedua baru berjalan tiga menit, Barcelona berbalik unggul lewat sontekan Luis Suarez. Gol berawal dari umpan cantik Busquets yang membuat Messi terlepas sendirian. Meski bisa mengeksekusi sendiri, Messi memilih mengirim umpan kepada Suarez yang hanya mendorong bola ke dalam gawang Sociedad. Barcelona unggul 2-1.

Pada menit ke-51 atau berselang tiga menit setelah gol Suarez, Barcelona nyaris memperlebar jarak. Sayang sepakan Griezmann menerima umpan dari Lenglet bisa dibendung Ramiro.

Barcelona nyaris menambah gol pada menit 59. Menerima umpan sepakan pojok, Gerard Pique menyambut dengan tandukan. Namun bola masih bisa diselamatkan bek lawan di garis gawang.

Skor kembali imbang pada menit ke-62. Monreal yang melakukan tusukan melepaskan umpan silang datar. Ter Stegen gagal mengamankan bola silang yang langsung disambar Isak ke dalam gawang Barcelona. Skor berubah menjadi 2-2.

Memasuki 20 menit terakhir, Sociedad meningkatkan tekanan. Beberapa kali mereka menghadirkan ancaman di depan gawang Ter Stegen, namun tuan rumah selalu terbentur pertahanan Barca.

Ivan Rakitic mendapatkan kesempatan saat laga berjalan 79 menit. Tetapi bola sepakan jarak jauhnya masih belum mengarah ke target. Momen kontroversial terjadi di ujung laga saat kubu Barcelona meminta penalti setelah Pique dijatuhkan. Wasit memutuskan tidak ada pelanggaran meski dari tayang ulang jelas terlihat Pique terjatuh setelah kausnya ditarik pemain Sociedad.

Hingga laga usai skor imbang 2-2 tidak berubah. Dengan hasil ini Barcelona masih berada di puncak klasemen sementara LaLiga dengan 35 poin. Barcelona unggul satu poin dari Real Madrid yang baru akan bertanding Senin (16/12) dini hari WIB. Sedangkan Sociedad bertahan di peringkat keempat.


Susunan Pemain

REAL SOCIEDAD (4-1-4-1): Alex Ramiro; Joseba Zaldua, Diego Llorente, Igor Zubeldia, Nacho Monreal; Ander Guevara; Portu (Januzaj 59), Martin Odegaard, Mikel Merino, Mikel Oyarzabal (Barrenetxea 85); Alexander Isak (Willian Jose 66).

BARCELONA (4-3-3) Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (Semedo 74); Ivan Rakitic (Vidal 79), Sergio Busquets (Alena 73), Frenkie de Jong; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann.

LaLiga Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan