Reformasi Sepak Bola Internasional, FIFA Rancang Piala Dunia Mini Dua Tahun Sekali

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 03 Mei 2018
Reformasi Sepak Bola Internasional, FIFA Rancang Piala Dunia Mini Dua Tahun Sekali
FIFA ingin selenggarakan Piala Dunia mini (Getty Images)

BolaSkor.com - Sepak bola akan terus berevolusi tiap tahunnya. Ini bukan teori lagi. FIFA selaku induk federasi sepak bola dunia terus bekerja sama dengan federasi sepak bola di tiap benua, untuk terus mencari gagasan baru untuk dikembangkan dan tentunya bertujuan, memanjakan para pecintanya.

Jika sebelumnya ada wacana untuk menambah jumlah kontestan di Piala Dunia, kini, Gianni Infantino, Presiden FIFA, mengusulkan adanya turnamen Piala Dunia mini yang disebut dengan Final 8. Dilansir dari Sky Sports (2/5), turnamen ini dimaksudkan untuk mereformasi sepak bola internasional. FIFA yakin, dalam kurun waktu 12 tahun, turnamen tersebut akan bernilai seharga 25 miliar dolar AS.

Saat ini, gagasan Piala Dunia mini baru sekedar usulan dari Infantino dan masih akan dipelajari lebih lanjut oleh Dewan Pengambil Keputusan FIFA. Andai terlaksana nantinya, maka Piala Konfenderasi yang biasanya berlangsung setahun sebelum Piala Dunia akan dihapuskan.

Rencananya, Piala Dunia mini akan berlangsung selama dua tahun sekali pada bulan Oktober atau November dan dimulai pada tahun 2021. Formatnya nanti akan melibatkan kompetisi global antarnegara, dengan sistem degradasi serta promosi, di antara tim Eropa di bawah naungan UEFA serta Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), serta Asia (AFC) dan Afrika.

Ranking FIFA juga akan memengaruhi kontestan turnamen antarnegara tersebut. Semua masih berupa wacana, karena keputusan terselenggaranya turnamen itu bergantung hasil diskusi FIFA. Namun apabila benar terjadi nantinya, tentu, pecinta sepak bola dunia akan dimanjakan dengan hiburan Piala Dunia mini yang dihelat dua tahun sekali. Ini bisa jadi penghibur di antara Euro dan Piala Dunia yang sedianya berlangsung empat tahun sekali.

Breaking News Piala Dunia Fifa UEFA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan