Regulasi Baru, FA Terapkan Aturan Kartu Kuning dan Merah untuk Manajer di Turnamen Lokal Inggris

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 02 Agustus 2018
Regulasi Baru, FA Terapkan Aturan Kartu Kuning dan Merah untuk Manajer di Turnamen Lokal Inggris
Pep Guardiola berbicara dengan Michael Oliver (Zimbio)

BolaSkor.com – FA selaku Federasi Sepak Bola Inggris terus memberikan inovasi mereka dalam upaya mengembangkan salah satu olahraga terpopuler dunia. Salah satu cara untuk melakukannya adalah memberlakukan aturan baru. FA sudah melakukannya untuk musim 2018/19.

Sebagaimana dilansir laman resmi EFL (Liga Sepak Bola Inggris), aturan kartu kuning dan merah akan berlaku untuk manajer klub pada ajang Piala FA, Piala Liga, Liga Sepak Bola, Trofi EFL, dan Liga Nasional. Hal tersebut tidak berlaku di Premier League yang masih menggunakan aturan peringatan tahapan pertama, ketika manajer klub memperlihatkan tindakkan di luar batas wajar.

Aturan tersebut diharapkan dapat lebih mengontrol manajer-manajer klub untuk bersikap dengan benar, tidak emosional. Adapun kartu kuning dan merah diberikan langsung kepada wasit utama laga, apabila ada manajer yang: menghina wasit (wasit utama, cadangan, atau hakim garis), menendang botol minuman, bertepuk tangan sarkasme menyindir kinerja wasit, dan tindakkan lainnya yang dianggap wasit tidak wajar.

Kartu itu tidak hanya berlaku kepada manajer klub, melainkan juga staf kepelatihan. Detail dari regulasi baru itu dijelaskan oleh Kepala Eksekutif EFL, Shaun Harvey.

“Jika sikap salah satu bagian anggota di bangku cadangan, biasanya dipimpin manajer, mencapai level tidak wajar, maka wasit akan memberikan kartu kuning sebagai peringatan. Jika sikapnya terus seperti itu – seperti terus protes ketika pemain timnya dilanggar – maka ada kesempatan keluarnya kartu kuning kedua, yang mengharuskan manajer meninggalkan area bangku cadangan,” tutur Harvey.

“Jika ada insiden serius dengan ofisial pertandingan maka wasit akan diberi kartu merah dan diusir ke tribun penonton. Hal tersebut diharapkan meningkatkan sikap di area teknis. Ini bukan tentang menciptakan drama, melainkan untuk memastikan sikap manajer tidak turun lebih jauh lagi,” tegasnya.

Andai seorang manajer menerima empat kartu kuning, maka mereka akan otomatis mendapatkan satu larangan mendampingi timnya di laga berikutnya. Delapan kartu kuning berarti dua pertandingan dan jika mendapatkan lebih banyak kartu, maka mereka akan berurusan dengan panel FA.

Aturan itu jelas menjadi peringatan untuk manajer-manajer yang kerap emosional seperti Jose Mourinho, Pep Guardiola, Jurgen Klopp, apabila mereka bermain di Piala FA dan PIala Liga.

Breaking News Premier League Inggris FA Jose Mourinho Wasit
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan