Regulasi F1 Dianggap Memusingkan, Alonso Minta Kejelasan Direktur Balap

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 09 Juli 2022
Regulasi F1 Dianggap Memusingkan, Alonso Minta Kejelasan Direktur Balap
Fernando Alonso (twitter)

BolaSkor.com – Standar ganda yang dilakukan Steward dalam menerapkan hukuman membuat Fernando Alonso bingung. Pembalap Alpine ini akhirnya meminta kejelasan regulasi pada Direktur Balap Formula 1.

Peraih gelar juara dunia musim 2005 dan 2006 ini dibuat ‘takjub’ dengan tingkah laku steward sepanjang berlangsungnya balapan di musim 2022 ini. Pasalnya beberapa kali rekan-rekan seprofesinya lolos dari jeratan penalti usai melakukan kesalahan.

Salah satunya ketika pembalap Ferrari, Charles Leclerc melakukan aksi berbahaya dengan berkendara meliuk-liuk di lintasan lurus saat menjalani GP Inggris, Minggu (3/7). Padahal seharusnya Leclerc diberikan penalti atas tindakan tersebut.

Baca Juga:

Taklukkan GP Kanada, Verstappen Makin Berjaya demi Pertahankan Gelar Juara

Carlos Sainz Cetak Sejarah di GP Inggris

“Jujur saya melihat balapan pada minggu lalu. Dan banyak gerakan yang dilakukan saat melewati lintasan lurus, saya melihat aksi antara Leclerc, Checo Perez, dan Lewis Hamilton, di mana tentu saja sangat fantastis saat melihatnya di TV dan bagi saya menjadi saksi dibelakang kejadian,” tutur Alonso, dikutip dari crash.net.

Tidak hanya itu, Alonso juga menyinggung permasalahan hukuman saat pembalap memotong jalur hingga keluar lintasan. Alonso menilai steward belum tegas dalam memberikan keputusan terkait regulasi ini.

Salah satu bukti nyata saat Sergio Perez tidak diberikan hukuman ketika berkendara di luar lintasan pada GP Inggris. Hal ini jelas tidak adil mengingat Alonso sempat diberikan penalti di GP Miami usai melakukan tindakan yang serupa.

“Namun di awal tahun ini, keluar lintasan tidak diperbolehkan. Sangat jelas, hitam di atas putih, dan sekarang keluar lintasan dengan tetap mengendarai mobil dan bersaing hingga memasuki tikungan justru diperbolehkan,” tutupnya.

Penulis: Bintang Rahmat

F1 Fernando alonso Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan