BolaSkor.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra lebih setuju kompetisi Liga 1 2021 menggunakan sistem degradasi. Bila sistem itu diterapkan, persaingan kompetisi akan menjadi sehat dari awal hingga akhir.

Usulan kompetisi jalan tanpa sistem degradasi muncul saat rapat klub dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (15/1). PSM Makassar menjadi salah satu klub yang setuju jika kompetisi berjalan tanpa sistem degradasi.

Hanya saja, bila sistem degradasi dihapus, akan muncul kekhawatiran tentang persaingan kompetisi. Stefano Cugurra lebih setuju ketika kompetisi tetap jalan dengan sistem degradasi.

"Seharusnya ada degradasi. Sistem tiga degradasi dan tiga promosi dari Liga 2. Sistem ini bagus untuk membuat kompetisi sehat buat tim mau juara serta kompetisi tetap sehat untuk tim tidak mau degradasi," kata Stefano Cugurra.

Baca Juga:

Tak Terpengaruh Ketidakjelasan Liga 1, Harga Saham Bali United Melesat

Bek Bali United Berharap Vaksin COVID-19 Solusi Kegiatan Olahraga Jalan Kembali

Teco, sapaan akrabnya, turut berharap agar kompetisi bisa jalan secepatnya. Terlalu lama bagi para pemain untuk menanti pertandingan selanjutnya. Terakhir, Liga 1 diputar pada 15 Maret 2020 lalu.

Situasi ini tak bagus untuk sepak bola Indonesia. Pasalnya, liga-liga yang ada di Asia Tenggara sudah jalan sejak tahun lalu. Bahkan Vietnam sudah menyelesaikan musim 2020 dan menghelat musim 2021. Malaysia pun segera memulai musim 2021, setelah Johor Darul Ta'zim menjadi juara 2020.

"Mudah-mudahan kompetisi 2021 bisa cepat mulai. Pemain sudah hampir satu tahun tidak main," tutur Teco.

Bali United sejauh ini belum menentukan waktu kapan latihan dimulai lagi. Padahal, skuat Bali United sudah lengkap dengan kedatangan Willian Pacheco. Eks palang pintu Persija saat ini menjalani karantina di Jakarta, setelah penerbangan jauh dari Brasil.

"Saya menunggu informasi dari manajemen kapan latihan bisa dimulai lagi," ucap Teco.

PT LIB dan PSSI hingga kini belum menetapkan kapan Liga 1 bisa dimulai. Pasalnya, izin dari Mabes Polri belum didapat. Komite Eksekutif (Exco) PSSI dalam akan menggelar rapat untuk membahas penentuan kompetisi, 20 Januari. (LaporanKkontributor Putra Wijaya/Bali)