BolaSkor.com - Manajer kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra memastikan regulasi pemain U-20 di Liga 1 2020 tidak mengalami perubahan. Peraturan harus dijalankan.

Sesuai dengan keputusan, seluruh klub peserta diwajibkan memiliki minimal dua pemain berusia di bawah 20 tahun. Kedua pemain itu harus masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) setiap laganya meski tidak diharuskan untuk dimainkan.

Regulasi itu diterapkan PT LIB demi kepentingan Timnas Indonesia U-19/U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Bahkan regulasi itu sudah disampaikan kembali dalam manager meeting bersama klub peserta Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Kota Bandung, Senin (21/9).

Baca Juga:

Persebaya Minta Waktu Seminggu untuk Tentukan Markas pada Lanjutan Liga 1 2020

Hasil Managers Meeting: PT LIB dengan 18 Klub Sepakat dalam Semua Hal Lanjutan Liga 1 2020

"Perubahannya ada di regulasi pemain cadangan. Biasanya ada 7 pemain, kini akan ada 10 pemain cadangan karena pergantian pemain boleh sampai 5 pemain," kata Asep Saputra usai manager meeting

Dengan penetapan itu, lanjutnya maka total pemain di daftar susunan pemain (DSP) menjadi 21 pemain. Dua di antaranya diharuskan pemain U-20.

"Kriteria kelahiran 1 Januari 2001," bebernya.

Terkait mengenai proses pergantian pemain, Asep Saputra mengatakan seluruh tim diberikan jatah sebanyak tiga kali setiap pertandingannya meskipun diperbolehkan mengganti sebanyak lima pemain.

"Jadi aturannya tetap tiga. Boleh langsung mengganti lima pemain, atau satu pergantian dengan memasukkan dua pemain. Sisanya satu atau tiga pemain. Yang terpenting total pergantian, hanya tiga kali," jelasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)