BolaSkor.com - Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo memiliki pendapat pribadi atas wacana penerapan regulasi secara khusus bagi pemain U-20 dalam lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020.

Pada prinsipnya, ia setuju dengan usulan tersebut. Apalagi, tujuan utamanya adalah untuk mendukung program persiapan timnas yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti.

"Kalau saya, sangat setuju dengan regulasi-regulasi itu. Meski untuk pelatih, cukup riskan juga," kata Joko Susilo dalam kesempatan wawancara bersama media di Malang.

Baca Juga:

PT LIB: Jadwal Lanjutan Liga 1 Akan Bentrok dengan Agenda Timnas Indonesia

PSSI Putuskan Kompetisi Lanjut, Kemenpora: Keputusan Akhir Ada di Tangan Gugus Tugas

Riskan yang dimaksud adalah terkait hal yang teknis, sesuai kewenangannya sebagai seorang pelatih. Bagaimana regulasi itu akan sangat berpengaruh pada efektivitas taktik dan strategi tim menjalani pertandingan.

"Kembali lagi, bentuk kompetisinya bagaimana. Kalau normal, tentu akan kontradiktif dengan target dari pengurus klub maupun suporter kepada pelatih. Berbenturan dan tidak sinkron," ungkapnya.

Ia pun cukup pesimis jika penerapan regulasi U-20 bisa berjalan efektif. Sehingga, PSSI mesti mengkaji lebih matang lagi soal wacana regulasi khusus bagi pemain muda itu, sebelum kompetisi Liga 1 kembali bergulir.

"Lagipula, (kualitas dan pengalaman) pemain U-20 sangat jauh berbeda dengan pemain asing. Saya sendiri kurang yakin dengan regulasi itu," imbuh pelatih yang mengantar Arema FC meraih posisi runner-up di Piala Gubernur Kaltim tahun 2018 tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)