BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubah regulasi standarisasi pemain asing untuk lanjutan Liga 1 2020. Di mana, tidak ada syarat bagi pemain asing yang akan bermain di lanjutan Liga 1 2020.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB mewajibkan pemain asing yang hendak bermain di Indonesia minimal harus berasal dari kasta-kasta kompetisi tertentu saat menjalani karier bersama klub lalunya.

Misalnya, pemain dari Liga Jepang harus bermain di kasta pertama atau kedua bersama klub sebelumnya. Lalu pemain-pemain dari negara-negara UEFA, harus bberasal dari kompetisi kasta pertama hingga ketiga.

Pemain asing itu juga wajib bermain sekurang-kurangnya 25 persen pertandingan dari total satu musim kompetisi di klub asalnya. Ini semua diatur dalam Pasal 29 di Regulasi Liga 1 2020.

"Pemain asing yang bermain pada lanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa 2020 tidak wajib memenuhi kriteria strata kompetisi dari klub asal," tulis ayat pertama Pasal 30 dalam regulasi terbaru lanjutan Liga 1 2020.

Baca Juga:

Klub Liga 1 Dilarang Rekrut Pemain Asing dan Lokal dari Sesama Peserta serta Tim Liga 2

PT LIB Siap Bantu Tiga Klub Liga 1 Dapatkan Izin Bermain di Sultan Agung Bantul

"Pemain asing yang bermain pada lanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa 2020 tidak wajib membuktikan bahwa yang bersangkutan bermain sekurang-kurangnya 25 persen pertandingan dari total pertandingan resmi selama semusim kompetisi," tulis ayat kedua pasal tersebut.

Standarisasi pemain asing memang sudah sangat lumrah di beberapa kompetisi dunia. Contohnya, Premier League yang hanya memperbolehkan pemain asing yang bemain berasal dari negara dengan peringkat 1-50 ranking FIFA.

Sementara itu, bursa transfer periode kedua dipercepat untuk dibuka pada 21 September hingga 10 Oktober 2020. Ini dilakukan karena banyaknya klub yang kehilangan pemain asing karena renegosasi kontrak akibat pandemi Virus Corona (COVID-19).

FIFA pun telah mengabulkan permintaan PSSI yang ingin menggeser kalender Transfer Matching System (TMS) dari 20 Juli-19 Agustus ke 21 September-10 Oktober. Namun, mereka baru bisa bermain pada 1-23 Desember 2020, karena PT LIB membuka bursa transfer kedua kompetisi pada periode tersebut.

Sedangkan, kuota pemain asing di setiap klub masih tidak berubah. Setiap tim Liga 1 diperbolehkan memiliki tiga pemain asing non Asia dan satu pemain merupakan anggota AFC.