Rekam Jejak Karier Andi Gilang, Pembalap Indonesia di Moto2 2020

Hendry WibowoHendry Wibowo - Rabu, 06 November 2019
Rekam Jejak Karier Andi Gilang, Pembalap Indonesia di Moto2 2020
Andi Gilang (Istimewa)

BolaSkor.com - Pembalap jebolan Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Farid Izdihar atau yang dikenal Andi Gilang telah dipastikan jadi wakil Indonesia di Kejuaran Dunia Balap Motor untuk kelas Moto2 2020.

Andi Gilang akan menggantikan posisi pembalap jebolan AHRT lainnya, Dimas Ekky Pratama di Idemitsu Honda Team Asia.

Praktis pembalap kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan tersebut jadi lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) pertama yang berhasil mencicipi persaingan Moto2 selama satu musim penuh.

Baca Juga:

Resmi: Andi Gilang Gantikan Dimas Ekky Turun Satu Musim di Moto2 2020

Moto2 Malaysia: Alex Marquez Segel Juara Dunia, Dimas Ekky Lewati Sembilan Rider

BolaSkor.com pun merangkum rekam jejak Andi Gilang sebelum akhirnya tampil di Moto2 2020.

2010

Pada tahun ini, Andi Gilang lulus dari AHRS. Untuk diketahui, AHRS sendiri merupakan ajang yang dibentuk PT Astra Honda Motor sebagai pijakan awal pembinaan balap berjenjang.

2011-2013

Pada rentang ini, pembalap berusia 22 tahun ini mengikuti beberapa event balap Kejuaraan Nasional. Seperti Indospeed Race Series dan Motoprix Region 2 atau Jawa.

Dimas Ekky dan Andi Gilang
Dimas Ekky dan Andi Gilang (Istimewa)

2014

Tampil di ajang Asia Dream Cup yang merupakan salah satu kelas lomba Asia Road Racing Championship. Hasilnya cukup menjanjikan. Andi Gilang mengakhiri musim di posisi enam klasemen.

2015

Dirinya terjun di beberapa ajang. Di Asia Talent Cup (ATC), Andi Gilang mampu menjadi juara di putaran Qatar. Lalu, dia juga tergabung dalam tim kejuaraan balap ketahanan, Suzuka 4Hours Endurance Race dan finis posisi kedua.

2016

Prestasi Andi Gilang semakin meningkat. Buktinya pada Asia Talent Cup ia mengamankan posisi ketiga pada klasemen akhir. Dia juga mengikuti Kejuaraan Dunia Junior Moto3 CEV pada tahun 2017.

2019

Saat ini, Andi Gilang berkonsentrasi menyelesaikan musim balap Asia Road Racing Championship kelas Supersport 600, dan masih berjuang dengan bertengger di posisi lima klasemen. Juli lalu, dia juga ikut berlaga di ajang bergengsi, Suzuka 8 Hours Endurance World Championship.

Di ajang CEV Moto2 World Championship, Andi sudah melahap tiga seri melalui wild card dengan hasil yang tidak mengecewakan, yakni di Katalunya, Jerez, dan Albacete. Wild card Andi tersisa satu untuk digunakan pada putaran terakhir di Valencia bulan ini.

Dia juga sudah pernah mencicipi atmosfer ketat balapan kelas dunia saat menggantikan Dimas Ekky Pratama di Honda Team Asia pada Moto2 Misano. (Alexander Matthew)

Breaking News Idemitsu Honda Team Asia Andi Gilang Moto2 2019
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan