Rekomendasi dari FIFA, PSSI Percepat Kongres Biasa dan KLB

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 11 November 2022
Rekomendasi dari FIFA, PSSI Percepat Kongres Biasa dan KLB
Emergency Meeting Exco PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI memutuskan untuk mempercepat Kongres Biasa dan Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan. Keputusan ini diambil melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI sebagai respons dari surat yang dikirimkan oleh FIFA pada Kamis (10/11).

Dalam surat tersebut, FIFA meminta PSSI menggelar Kongres Biasa untuk memilih Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 14 Januari 2023.

Nantinya KP dan KBP terpilih ini akan bekerja menyusun tahapan menuju kongres luar biasa pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif.

Dalam surat yang sama, disebutkan juga FIFA menginginkan KLB pemilihan Komite Eksekutif yang meliputi Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Exco PSSI yang baru digelar pada 16 Februari 2023.

"Kami telah menerima surat dari FIFA terkait pelaksaan kongres. Awalnya kami merencanakan kongres biasa pemilihan KP dan KBP pada 7 Januari dan kongres luar biasa pemilihan seluruh Komite Eksekutif pada 18 Maret. Namun, ada perubahan melalui surat dari FIFA dan kami akan mengikuti arahan dari FIFA," kata Yunus Nusi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI.

Baca Juga:

Mekanisme Kongres Sesuai Statuta PSSI, Tidak Bisa Terburu-buru

40 Hari Tragedi Kanjuruhan, Ketum PSSI Pertegas Komitmen Transformasi Sepak Bola Indonesia

Budiman Dalimunthe Wakili PSSI Dalam 40 Hari Tragedi Kanjuruhan

Dengan adanya perubahan ini maka PSSI harus segera mengirimkan pemberitahuan secara tertulis kepada anggota atau voters sekurang-kurangnya 30 hari sebelum pelaksanaan kongres. Hal ini sesuai Statuta PSSI yang tercantum dalam Pasal 34 ayat (3).

"Kami segera mengirimkan surat kepada seluruh voters PSSI terkait perubahan tanggal kongres sesuai jawaban dari surat FIFA," ujar Yunus Nusi.

Kemudian sebagaimana tercantum dalam Statutas PSSI Pasal 32 Ayat (3), para voters juga bisa menyampaikan usulan terkait agenda Kongres Biasa selain pemilihan KP dan KBP. Usulan ini harus disampaikan secara tertulis kepada Sekjen PSSI, sekurang-kurangnya 45 hari sebelum kongres digelar.

Lalu sebagaimana Statuta PSSI pasal 32 ayat (4), PSSI akan menyampaikan agenda resmi kongres biasa PSSI 2023 kepada anggota sekurang-kurangnya 7 hari sebelum kongres biasa PSSI tahun 2023 diselenggarakan.

Pssi Kongres pssi Yunus Nusi Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.292

Bagikan