BolaSkor.com - Timnas Spanyol menang telak 3-0 dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Swedia di Santiago Bernabeu, Selasa (11/6) dini hari WIB. Bek sekaligus kapten Spanyol, Sergio Ramos, kembali memperpanjang catatan rekor dengan timnas.

Tiga gol La Furia Roja dicetak oleh Ramos (penalti menit 64'), Alvaro Morata (penalti menit 85'), dan Mikel Oyarzabal (87'). Spanyol masih berada di puncak klasemen grup F dengan raihan poin sempurna (12 poin).

Gol penalti Ramos itu bak buah ceri di atas kue yang indah atau singkatnya: menambah catatan positif dalam karier panjang penuh kesuksesan sang kapten. Tidak hanya sukses di Spanyol, Ramos juga sukses bersama Real Madrid.

Bek berusia 33 tahun sudah mendapatkan penghargaan dalam bentuk plat yang diberikan Luis Rubiales, Presiden RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol), sebelum laga dimulai. Bersama Pilar Rubio, kekasihnya, anak-anak dan ibunya, Ramos masuk ke Santiago Bernabeu dengan guard of honour yang dilakukan rekan setimnya.

Baca Juga:

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Spanyol Bungkam Swedia

Sergio Ramos Siap Tak Dibayar demi Real Madrid

Sergio Ramos, Bek Spesialis Penalti Panenka

Sergio Ramos

Ramos sudah dan melanjutkan catatan rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah sepak bola internasional kala melawan Swedia. Rekor itu sudah pecah kala Spanyol menang 4-1 atas Kepulauan Faroe, kemudian berlanjut saat melawan Swedia.

Ramos telah mencatatkan 122 kemenangan dan melewati kiper legendaris Spanyol dan Madrid, Iker Casillas (121 kemenangan). Eks pemain Sevilla juga hanya terpaut dua caps dari Casillas sebagai penampil terbanyak sepanjang masa Spanyol - Ramos punya 165 caps.

Tidak berhenti sampai di situ, ditambahkan oleh Marca, Ramos kini telah mengoleksi 20 gol dan menyamai catatan legenda, Telmo Zarra, sebagai pencetak gol tertinggi untuk Spanyol di urutan 11. Tujuh gol di antaranya dicetak dalam delapan laga internasional terakhir dengan Spanyol.

Ramos terpaut dua gol dari Daniel Passarella, bek legendaris dengan kepopuleran yang tinggi di dunia internasional. Mengingat posisinya sebagai bek, rekor gol Ramos itu patut diberi acungan jempol.

Artinya, ketajaman pemain kelahiran Camas, 30 Maret 1986, sebaik naluri penyerang meski posisinya bek tengah. Ramos memang kerapkali mencetak gol pada situasi bola mati dan dia eksekutor penalti handal yang kerap melakukan gaya tendangan panenka.

Masih banyak rekor yang akan dipecahkan Ramos karena ia masih bermain di level tertinggi Eropa. Selain itu, Ramos juga berambisi memimpin timnya menjadi juara di Piala Eropa 2020.