BolaSkor.com - Sirkuit Katalunya, Barcelona memiliki aspal dan tata letak baru terhitung mulai tahun 2018. Karena perubahan tersebut, rekor lap motor MotoGP di Katalunya berhasil dipecahkan Jorge Lorenzo.

Lorenzo membukukan 1 menit 38,680 detik saat meraih pole position MotoGP Katalunya 2018. Kini pada lomba putaran tujuh MotoGP 2019 di Sirkuit Katalunya, Barcelona, akhir pekan ini, diklaim rekor lap milik Lorenzo bisa dipertajam.

Baca Juga:

Pengamat MotoGP: Bukan Valentino Rossi yang Salah, tapi Yamaha

Jorge Lorenzo Usai Datang Langsung ke Markas Honda di Jepang: Sangat Menarik

Keyakinan di atas diutarakan pihak Michelin, selaku pemasok ban tunggal MotoGP. Piero Taramasso selaku Manajer Roda Dua Michelin Motorport menyebut pihaknya sudah mengenal betul karakteristik Sirkuit Katalunya, utamanya aspal.

Katalunya memang sering digunakan untuk sesi tes di MotoGP. Alhasil mereka punya banyak data untuk memproduksi ban yang bisa mempertajam rekor lap milik Lorenzo.

"MotoGP Katalunya merupakan lomba yang disukai pembalap dan fan. Atmosfer lomba selalu fantastis. Kami sendiri meyakini rekor lap di Katalunya bakal bisa dipertajam akhir pekan ini," Taramasso menuturkan.

Michelin sendiri bakal menyediakan ban kompon lunak, medium, dan keras. Untuk ban kompon lunak dan keras pada bagian depan bakal bersifat asimetris.

Meskipun biasanya lomba di Katalunya berlangsung pada cuaca bersahabat, Michelin tetap membawa kompon ban basah bila hujan menganggu.*