Rekor Pertemuan Argentina Vs Kroasia: Saling Mengalahkan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 12 Desember 2022
Rekor Pertemuan Argentina Vs Kroasia: Saling Mengalahkan
Argentina vs Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Argentina memang lebih diunggulkan saat jumpa Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022. Namun jika mengacu rekor pertemuan, keduanya sangat berimbang.

Duel Argentina kontra Kroasia akan berlangsung di Lusail Stadium, Rabu (14/12), pukul 02.00 dini hari WIB. Pemenang pertandingan ini dipastikan melaju ke partai puncak.

Argentina merupakan salah satu unggulan utama di Piala Dunia 2022. Lionel Messi dan kawan-kawan memang dalam performa terbaik usai menjuarai Copa America 2021.

Baca Juga:

Semifinal Piala Dunia 2022: Dua Favorit Juara Jumpa Kuda Hitam

Berbuntut Panjang, FIFA Investigasi Keributan Duel Belanda Vs Argentina

Daftar Top Skorer Sementara Piala Dunia 2022: Messi dan Giroud Bayangi Mbappe

Argentina juga menunjukkan mental juaranya setelah kalah mengejutkan dari Arab Saudi pada laga pembuka. Bukannya terpuruk, Albiceleste justru bangkit dan tak terbendung lagi untuk mencapai semifinal.

Sementara kesuksesan Kroasia melaju ke semifinal merupakan sebuah kejutan. Meski berstatus finalis edisi sebelumnya, langkah Luka Modric dan kawan-kawan kurang meyakinkan sejak fase grup.

Kroasia baru menunjukkan kualitas sebenarnya saat menyingkirkan Brasil di babak perempat final. Kemenangan itu juga membuat rasa percaya diri mereka meningkat pesat.

Sepanjang sejarah, Argentina dan Kroasia sudah bertemu lima kali di berbagai ajang. Hasilnya, kedua tim meraih dua kemenangan, dua kekalahan, dan satu hasil imbang.

Dari lima pertemuan tersebut, dua di antaranya terjadi di putaran final Piala Dunia. Namun semuanya berlangsung di fase grup.

Pertemuan pertama kedua tim di Piala Dunia terjadi pada edisi 1998. Argentina dan Kroasia sama-sama tergabung di grup H.

Pada momen itu, Argentina sukses mengalahkan Kroasia dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Tim Tango dicetak oleh Mauricio Pineda.

Beruntung hasil itu tidak membuat Kroasia pulang lebih cepat. Kedua tim tetap melaju ke babak 16 besar.

Anehnya, Kroasia justru mampu melaju lebih jauh. Davor Suker dan kawan-kawan sukses merebut peringkat ketiga, sedangkan Argentina tersingkir di perempat final.

20 tahun berselang, kedua tim kembali tergabung di grup yang sama pada Piala Dunia 2018. Namun kali ini Kroasia mampu membalas dendam.

Kroasia secara mengejutkan mampu mengalahkan Argentina dengan skor 3-0. Itu menjadi selisih gol paling jauh dalam sejarah pertemuan kedua tim.

Pada akhir turnamen, Kroasia mampu melaju hingga final. Sementara Argentina tersingkir di babak 16 besar meski kedua tim sama-sama dikalahkan Prancis.

Menariknya, mayoritas pemain dari kedua tim di edisi 2018 itu masih akan ambil bagian dalam pertandingan nanti. Hal ini menjadi bukti Kroasia tak bisa dipandang sebelah mata oleh Argentina.

Rekor Pertemuan Argentina vs Kroasia

04-06-1994 Kroasia 0-0 Argentina (Uji Coba)
26-06-1998 Argentina 1-0 Kroasia (Piala Dunia)
01-03-2006 Kroasia 3-2 Argentina (Uji Coba)
12-11-2014 Argentina 2-1 Kroasia (Uji Coba)
21-06-2018 Argentina 0-3 Kroasia (Piala Dunia)

Timnas Argentina Timnas Kroasia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan