BolaSkor.com - Setelah 30 tahun menanti, Liverpool akhinya kembali menjadi kampiun Premier League. Liverpool untuk pertama kalinya meraih trofi di era Premier League.

Dalam perjalanan menuju takhta, Liverpool mengukir berbagai catatan emas. Termasuk menjadi klub yang paling cepat memastikan titel juara dengan menyisakan tujuh laga.

Berikut rekor-rekor yang diukir Liverpool dalam perjalanan meraih trofi Premier League.

Baca Juga:

Liverpool Rayakan Gelar Juara Premier League di Hotel

5 Langkah Krusial Jurgen Klopp untuk Persembahkan Trofi Premier League untuk Liverpool

7 Pertandingan Kunci Liverpool Merajai Premier League 2019-2020


1. Laga paling sedikit menjadi juara (31 laga)

Mengesankan bagaimana Liverpool memastikan gelar juara begitu cepatnya. The Reds hanya butuh 31 laga untuk menjadi juara atau masih menyisakan tujuh pertandingan.

Catatan ini lebih cepat dari rekor sebelumnya yang diukir Manchester United saat menjadi juara Premier League musim 2000/01. Saat itu Man United menuisakan lima laga lagi.


2. Paling lambat memenangi titel (25 Juni)

Meski dari sisi pertandingan paling cepat, Liverpool memastikan gelar paling telat. Karena pandemi Covid-19, Premier League mengalami penundaan selama 100 hari. Karenanya, Liverpool menjadi klub pertama yang memastikan diri menjadi juara pada bulan Juni.

Sepanjang sejarah Premier League belum ada klub yang memastikan juara pada bulan Juni. Artinya, kemungkinan besar rekor ini tidak akan terpecahkan alias abadi.


3. Tercepat mengalahkan semua lawan: (31 laga)

Liverpool tampil luar biasa sepanjang 2019/20. Sederet rekor yang dicatat menjadi bukti kehebatan mereka. Namun di antara rekor-rekor yang ada, satu yang melukiskan dominasi Liverpool atas klub lain di Premier League.

Sebelum musim ini, hanya lima klub yang mengalahkan semua lawan dalam satu musim, paling tidak sekali. Dari lima klub tersebut Manchester City asuhan Pep Guardiola menjadi yang tercepat. Pada 2017/18, Man City bisa mengalahkan semua tim pada pekan ke-32 saat mengalahkan Everton di Goodison Park.

Musim ini, pada pekan ke-31 Liverpool sukses mengalahkan semua lawan. Ini merupakan pertama kalinya Liverpool bisa mengalahkan semua lawan dalam satu musim dalam 127 tahun.


4. Kemenangan kandang beruntun (23)

Setiap juara biasanya menjadikan kandang sebagai sumber poin. Anfield telah seperti itu selama beberapa tahun terakhir.

Manchester City awalnya mencatat rekor ini pada 2012 dengan 20 kemenangan beruntun dari 9 September 2017 hingga 4 Maret 2018. Liverpool menyamakannya usai 4-0 melawan Southampton pada awal Februari.

Liverpool melewati rekor City setelah menang 3-2 atas West Ham. Saat ini, setelah menumbangkan Crystal Palace pada Kamis (25/6) dini hari, Liverpool mencatat 23 kemenangan kandang beruntun.

5. Juara di delapan dekade berbeda

Liverpool saat ini resmi menjadi juara di Liga Inggris dalam delapan dekade berbeda. Catatan ini lebih banyak daripada pencapaian klub Inggris manapun.