BolaSkor.com - Derby Merseyside ke-234 akan dihelat di Anfield pada pekan 15 Premier League antara Liverpool melawan Everton, Kamis (05/12) pukul 03.15 dini hari WIB. Sederet rekor berpotensi pecah di pertandingan nanti.

Liverpool asuhan Jurgen Klopp diunggulkan memenangi laga nanti, dengan catatan tak pernah kalah di Premier League, berada di puncak klasemen, dan tak terkalahkan di 17 laga terakhir melawan Everton yang saat ini dibesut Marco Silva.

Selain itu, Everton tengah terseok-seok menjauh dari papan bawah dan inkonsisten bermain. Tak ayal manajer mereka, Marco Silva, terancam dipecat apabila tak mampu meraih hasil positif dari lawatan mereka ke Anfield, markas yang angker bagi tim tamu.

Anfield tidak pernah memberikan kekalahan kepada Liverpool di liga selama 31 laga Premier League, menyamai rekor Kenny Dalglish pada 1987-88, dan Liverpool meraih 14 kemenangan beruntun di liga sejak imbang 1-1 melawan Leicester City Januari lalu.

Baca Juga:

Prediksi Liverpool Vs Everton: Derby Merseyside yang Tak Imbang

Taktik Baru Everton Bisa Repotkan Liverpool di Derby Merseyside

Legenda Man United Yakin Everton Berpotensi Hentikan Liverpool Menangi Titel Premier League

Derby Merseyside

Di era Premier League yang dimulai pada 1992, Liverpool juga memenang 13 laga, kalah dua kali, dan imbang 12 kali dari 54 pertemuan melawan Everton di Anfield.

Menurut catatan dari Thisisanfield, Jurgen Klopp juga akan memenangi 100 laga Premier League jika Liverpool menang atas Everton di Anfield nanti. Itu akan jadi laga ke-159 sejak Klopp menggantikan Brendan Rodgers pada 2015.

Satu-satunya manajer yang mencatatkan 100 kemenangan dengan jumlah laga yang lebih sedikit adalah Kenny Dalglish (167 laga Premier League). Kendati demikian, Klopp tak mau meremehkan Everton yang saat ini ada di peringkat 17 klasemen.

"Tabel klasemen menunjukkan kebenaran hanya di akhir musim, bukan di fase awal. Jika Anda melihat skuat Everton maka Anda akan berkata, 'Wow, skuatnya bagus sekali' dan tidak ada yang akan menyangkalnya," tutur Klopp di laman resmi Liverpool.

"Kenapa mereka tidak 100 persen menyatu sejauh ini? Saya betul-betul tidak tahu. Ada tekanan besar di sana, sudah jelas Everton adalah sebuah klub yang ambisius. Mereka bukan satu-satunya klub yang mengalami situasi ini. Liganya sangat sulit, sangat sulit untuk kami semua." terangnya.

Selain 100 kemenangan Premier League Klopp, ada beberapa statistik dan rekor lain yang dapat dipecahkan.

- Mohamed Salah dapat memainkan laga ke-100 di Premier League.
- Andrew Robertson dapat memainkan laga ke-100 untuk Liverpool di Premier League dan turnamen lainnya.
- Everton tidak pernah menang di 33 laga tandang di liga melawan tim yang menduduki empat besar, imbang 10 kali dan kalah 23 kali.
- Liverpool tiga kali beruntun clean sheets melawan Everton. Clean sheets keempat akan jadi kali pertama sejak April 1976.