Rekor yang Sudah dan Dapat Dipecahkan Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 13 Desember 2022
Rekor yang Sudah dan Dapat Dipecahkan Lionel Messi di Piala Dunia 2022
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Penilik tujuh Ballon d'Or, Lionel Messi, masih berada di jalur perebutan titel Piala Dunia untuk melengkapi CV dalam kariernya yang sudah diwarnai kesuksesan besar. Pasca merekrut titel Copa America 2021, Messi menargetkan Piala Dunia untuk timnas Argentina.

Albiceleste sempat mengejutkan publik kala kalah 1-2 melawan Arab Saudi di laga pembuka grup. Tetapi kekalahan itu justru membuka 'mata' Argentina hingga akhirnya mereka bangkit dan keluar sebagai pemuncak klasemen grup.

Pada fase gugur Argentina melalui hadangan Australia dan Belanda dalam perjalanan menuju semifinal. Finalis Piala Dunia 2018 sekaligus tim yang mengalahkan mereka dengan skor 3-0 pada fase grup kala itu, timnas Kroasia, akan jadi lawan di empat besar.

Baca Juga:

Belanda 2-2 Argentina (3-4 Pen): Albiceleste Tantang Kroasia di Semifinal

Persahabatan Bagai Kepompong, Lionel Messi Pilih Hampiri Emiliano Martinez Usai Drama Penalti

8 Fakta Menarik Argentina ke Semifinal Usai Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti

Tak ayal Lionel Messi dalam misi untuk mengakhiri penantian titel Piala Dunia Argentina yang terakhir diraih pada 1986, di kala Diego Maradona menjadi bintang dalam kesuksesan Argentina. Messi (35 tahun) juga dapat memecahkan rekor.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi FIFA, ada beberapa rekor yang sudah dipecahkan Lionel Messi di Piala Dunia. Rekor itu seperti:

1. Messi satu dari hanya enam pemain yang bermain di lima Piala Dunia bersama Antonio Carbajal, Lothar Matthaus, Rafa Marquez, Andres Guardado, dan Cristiano Ronaldo.

2. Messi dan Rafa Marquez jadi yang terbanyak dengan 18 penampilan sebagai kapten di Piala Dunia, diikuti Diego MAradona (16 penampilan).

3. Messi satu-satunya pemain yang memberi assist di lima Piala Dunia. Penantang terdekatnya adalah Pele, Grzegorz Lato, Diego Maradona, dan David Beckham - masing-masing assists di tiga Piala Dunia.

4. Messi satu-satunya pemain yang mencetak gol di Piala Dunia pada usia muda 10 tahunan, 20 tahunan, dan 30 tahunan. Pele urung mencapai hal yang sama dengan terpaut empat bulan.

5. Messi mencetak gol pertama dan teranyarnya dengan rentang waktu 16 tahun dan 176 hari. Catatan terbesar dalam sejarah Piala Dunia milik Cristiano Ronaldo pada waktu 16 tahun dan 160 hari.

Sementara untuk rekor yang dapat dipecahkannya mengingat Piala Dunia 2022 menyisakan semifinal, perebutan tempat ketiga, serta final (jika Argentina lolos) adalah:

1. Paolo Maldini punya rekor menit bermain terbanyak di Piala Dunia: 2.217 menit. Messi 2.104 menit dan dapat memecahkan rekor tersebut.

2. Pele memegang rekor assist terbanyak di fase gugur (enam). Messi punya lima assists.

3. Gabriel Batistuta dan Messi memimpin dalam daftar top skorer Argentina di Piala Dunia (10). Messi berpeluang melewatinya. Keduanya di atas Diego Maradona (8 gol), Guillermo Stabile (8 gol), Mario Kempes (6 gol), dan Gonzalo Higuain (5 gol).

4. Miroslav Klose telah bermain pada 17 kemenangan di Piala Dunia, Messi saat ini 15 kemenangan.

Messi Lionel Messi Argentina Timnas Argentina Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan