BolaSkor.com - Kemenangan Jepang atas Jerman pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 Rabu (23/11), disambut suka cita oleh para warga Negeri Sakura. Tentu saja, hasil yang cukup bersejarah bagi tim yang berstatus non unggulan seperti Jepang.

Suka cita itu juga turut dirasakan Renshi Yamaguchi, gelandang yang berkarier untuk Arema FC. Renshi bahkan menilai kemenangan tim nasional negerinya itu merupakan kejutan pada turnamen empat tahunan itu.

"Tentu saja saya gembira dengan kemenangan Jepang atas Jerman. Ini menjadi kejutan," bilang Renshi Yamaguchi melalui rilis Arema FC, Kamis (24/11).

Baca Juga:

Kemenangan atas Jerman Sesuai Ramalan, Seekor Berang-Berang Populer di Jepang

Jerman 1-2 Jepang: Samurai Biru Libas Tim Panser

Ya, tiga angka bagi Jepang memang berada diluar perkiraan banyak pihak. Pasalnya, Der Panzer memegang kendali permainan dengan dominasi penguasaan bola sepanjang 90 menit pertandingan.

Jerman bahkan unggul lebih dulu melalui sepakan penalti Ilkay Gundogan pada menit 33. Namun, semangat pantang menyerah khas Jepang membuat situasi berbalik. Jepang membalikkan skor menjadi 2-1 dari lesakan Ritsu Doan menit 75 dan Takuma Asano menit 83.

Kemenangan atas Jerman membuat Jepang berada di peringkat 2 klasemen Grup E dan berpeluang melaju ke babak 16 besar. Mereka hanya kalah selisih gol setelah Spanyol melibas Kosta Rika 7-0.

"Sebagai pemain asal Jepang, ini juga sangat memotivasi saya untuk lebih baik. Terkait peluang lolos, saya optimis akan hal itu," beber Renshi. (Laporan Konributor Bimaswara Dumugi/Malang)