Resep Unbeaten Wolfsburg di Bundesliga: Kejelian Oliver Gasner dan Metode Latihan Vier Gewinnt

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 Oktober 2019
Resep Unbeaten Wolfsburg di Bundesliga: Kejelian Oliver Gasner dan Metode Latihan Vier Gewinnt
Wolfsburg (@VfLWolfsburg_EN)

BolaSkor.com - Kompetisi liga-liga top Eropa musim 2019-20 sudah memasuki bulan ketiga. Beberapa klub masih punya catatan 'bersih' alias tidak pernah merasakan kekalahan, semisal: Liverpool dan Juventus. Dua tim besar dan tenar di Eropa.

Menilik keduanya dengan status tak pernah kalah (unbeaten) sudah bukan hal yang asing lagi - wajar-wajar saja. Tapi, ada satu nama menarik dari Jerman, tempat kelahiran pabrikan mobil terkenal dunia, Volkswagen, yakni VFL Wolfsburg.

Delapan spieltag (matchday) berlangsung di Bundesliga. Bukan Bayern Munchen atau Borussia Dortmund yang ada di dua urutan teratas, melainkan Borussia Monchengladbach dan Wolfsburg. Nama yang disebut pertama sudah kalah dua kali dan Wolsfburg belum pernah kalah.

Baca Juga:

Deretan Klub yang Menghadirkan Kejutan di Kompetisi Top Eropa 2019-2020

Robert Lewandowski dan 9 Nama Lain dalam Sejarah Top Skor Sepanjang Masa Bundesliga

Arsenal Terancam Kehilangan Bakat-bakat Muda ke Bundesliga

Gladbach bisa ada di puncak klasemen karena jumlah kemenangan yang lebih banyak ketimbang Wolfsburg, plus Gladbach baru kalah 0-1 dari Dortmund di laga pekan delapan Bundesliga. Menariknya, Wolfsburg masih tetap mempertahankan catatan positif mereka.

Selain tidak pernah kalah, Wolfsburg memiliki pertahanan terbaik di Bundesliga dengan hanya kemasukan lima gol, mencetak 11 gol. Apabila mereka konsisten hingga akhir musim, tetap solid dan memenangi beberapa laga krusial, bukan tidak mungkin kenangan manis musim 2008-09 terulang kembali.

Wolfsburg kala menjuarai Bundesliga 2008-09

Kala itu, Wolfsburg arahan Felix Magath juara Bundesliga untuk kali pertama dalam sejarah klub. Masih teringat di benak pikiran bagaimana saat itu duet Grafite-Edin Dzeko sangat tajam di Bundesliga, belum lagi Zvjezdan Misimovic yang menjadi raja assists.

Cukup nostalgianya, kembali lagi ke masa kini. Delapan laga beruntun tak terkalahkan bagi tim yang sempat bertarung di zona degradasi, inkonsisten bertarung merebutkan zona Liga Champions, jelas menjadi hal spesial bagi Wolfsburg.

"Ini sesuatu yang tidak bisa Anda raih tanpa kerja keras, memasuki tujuh laga (sebelum jeda internasional) tak pernah kalah dari awal musim. Ini tidak sering terjadi dalam karier," ucap pelatih Wolfsburg, Oliver Glasner.

Berbicara mengenai Oliver Glasner, pelatih berusia 45 tahun baru tiba dari LASK Linz di tahun ini. Meski belum pernah bermain atau melatih di Jerman, Glasner punya wawasan akan sepak bola Jerman karena pernah jadi asisten pelatih Roger Schmidt, eks pelatih Bayer Leverkusen, di RB Salzburg.

Glasner sejauh ini jadi kombinasi sempurna bagi Wolfsburg. Dia tak pernah merasakan kekalahan dalam 19 laga di seluruh kompetisi pada musim 2019-20. Skema bermain andalan Glasner adalah 3-4-3 dan 3-4-2-1.

Breaking News Wolfsburg Vfl Wolfsburg Bundesliga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan