BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah merilis jadwal baru untuk kompetisi musim 2020. Perubahan jadwal ini dilakukan oleh AFC lantaran pandemi COVID-19 yang saat ini masih melanda di seluruh wilayah Asia. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Presiden AFC, Sheikh Salman.

Hampir seluruh agenda dari AFC mengalami perubahan, baik dari level tim nasional sampai dangan klub. Beberapa kompetisi yang mengalami perubahan adalah Piala Asia U-16 dan U-19 yang ditunda ke 2021.

"Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepak bola dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC," kata Sheikh Salman.

Baca Juga:

Lawan Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia Juga Jalani Uji Coba Internasional, Hasilnya Menang dan Kalah

Shin Tae-yong Beberkan Cara agar Fisik Pemain Timnas Indonesia U-19 Bisa Maksimal Selama 90 Menit

"Tapi saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh sepak bola, kita dapat mengatasi tantangan ini," tambahnya.

Sementara itu Piala AFC 2020, di mana Indonesia diwakili oleh Bali United dan PSM Makassar, dihentikan dengan status force majeure. Selain itu, Piala Asia Futsal dan Piala Piala Asia Futsal Antarklub yang juga mengalami perubahan jadwal.

Dengan adanya perubahan seperti ini, praktis pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19/U-20 akan mengalami perubahan. Rencana mereka untuk langsung bertolak ke Uzbekistan untuk mengikuti Piala Asia U-19 harus berubah dengan rencana pemusatan latihan (TC) di Turki, Spanyol, atau Portugal.

Jadwal Baru Kompetisi AFC Musim 2020:

1. Pertandingan fase grup dan gugur Liga Champions Asia Zona Barat akan digelar di Qatar pada 14 September-3 Oktober 2020.

2. Pertandingan fase grup dan gugur Liga Champions Asia Zona Timur yang akan diselenggarakan pada 15 November-13 Desember 2020, masih menunggu keputusan lanjutan dari komite yang dibentuk Komite Kompetisi AFC).

3. Final Liga Champions Asia 2020 akan digelar di Zona Barat pada 19 Desember 2020 dengan format pertandingan tunggal.

4. Piala Asia Futsal 2020 pindah dari Turkmenistan ke Kuwait dan akan digelar pada 2-13 Desember 2020.

5. Piala Asia U-16 dan U-19 yang dilaksanakan di Bahrain dan Uzbekistan, ditunda hingga awal 2021.

6. Piala AFC 2020 dibatalkan dengan alasan force majeure.

7. AFC Solidarity Cup dibatalkan dengan alasan force majeure dan akan dimainkan kembali pada 2024.

8. Kejuaraan Futsal Antarklub Asia 2020 dibatalkan dan akan digelar kembali di Uni Emirat Arab pada 2021.