BolaSkor.com - Pembalap WithU RNF Yamaha, Andrea Dovizioso, memutuskan pensiun lebih cepat dari seharusnya. Dikabarkan pembalap asal Italia itu akan mengakhiri karier usai MotoGP San Marino, 4 September 2022.

Padahal sebelumnya, Dovizioso sempat mengutarakan akan hengkang dari MotoGP pada akhir musim ini. Namun secara tiba-tiba mantan pembalap Ducati ini memutuskan keluar lebih cepat.

Kabar ini dibenarkan Bos Yamaha, Lin Jarvis. Setelah berdiskusi panjang, Yamaha dan Dovizioso akhirnya sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama.

“Saya ingin memulai dengan berkata, tentu saja kita merasa sedih karena Dovizioso akan meninggalkan MotoGP lebih cepat dari jadwal seharusnya. Dia merupakan salah satu nama besar di MotoGP, dan diabalan selalu diingat di Paddock,” jelas Jarvis, dikutip dari motogp.com.

Baca Juga:

5 Kandidat Peraih Kemenangan di MotoGP Inggris

Aprilia Kembali Terapkan Teknologi Velg Putih

“Kita menganggap tahun lalu sangat beruntung karena dia bersedia bergabung dengan program MotoGP kami, ketika Franco Morbidelli pindah ke tim pabrikan, hingga dibutuhkan pembalap pengganti untuk sisa musim 2021. Doviziosomemiliki banyak pengalaman dan metode alamjnya sangat baik sehingga membuat Yamaha dan Tim RNF tertarik. Alhasil proyek tetap berjalan hingga masuk ke musim 2022,” sambungnya.

Jarvis menambahkan, alasan pensiun lebih cepat karena Dovizioso mengalami rasa frustasi. Hingga kini, Doviziosobelum mampu beradaptasi dengan motor Yamaha M1.

“Sayangnya, Dovizioso kesulitan untuk menyerap potensi maksimal Yamaha M1 dan hasilnya belum juga datang. Hal ini menciptakan rasa frustasi bagi Dovizioso. Akhirnya saat libur musim panas, dia mengkonfirmasi keinginannya untuk pensiun sebelum akhir musim ini,” terang Jarvis.

“Setelah saling berdiskusi, sangat tepat bagi Andrea untuk menjalani balapan terakhirnya di kandangnya sendiri, Misano. Secara alami, Yamaha akan terus memberikan dukungan penuh kepada Dovizioso di tiga balapan berikutnya. Sementara itu, mari nikmati tiga GP terakhirnya dan rayakan akhir karit yang spektakuler di Misano,” pungkasnya.

Penulis: Bintang Rahmat