BolaSkor.com - Komite Olimpiade Indonesia (NOC) kembali membuat gebrakan. Dengan diplomasi non organisasi, Indonesia berhasil menempatkan wakil di jajaran Dewan Federasi Esports Internasional (IESF) lewat Tommy Hermawan Lo.

Kepastian Tommy menjadi anggota dewan IESF disampaikan ketua umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Kepastian ini merupakan tindak lanjut pembicaraan Okto saat bertemu Presiden IESF Vlad Marinescu dalam rangkaian diplomasi olahraga di Eropa pada pertengahan September.

“Kami baru mendapat kabar, Tommy masuk menjadi Anggota Dewan IESF. Kabar ini adalah realisasi pembicaraan NOC Indonesia saat bertemu Marinescu (Presiden IESF), yang hasilnya kami diberikan privilege menempatkan perwakilan untuk masuk dalam jajaran dewan IESF,” kata Okto.

Masuknya Tommy dalam jajaran pengurus IESF menjadi hal prestisius karena tak sembarang orang bisa masuk organisasi olahraga Internasional. Terlebih, salah satu kategori mind sport ini tengah digandrungi kaum muda.

Keberadaan wakil Indonesia di IESF sangatlah penting. Selain esports tengah naik daun, peluang wakil Tanah Air berprestasi di kancah internasional juga sangat besar.

Baca Juga:

Direktur IBL Apresiasi Persiapan Dewa United Surabaya Jelang IBL 2022

Gandeng Pelatih Anyar, Timnas Basket Putri Memulai Persiapan

Terlebih di Asian Games 2022, esports telah resmi menjadi cabang olahraga. Atas dasar ini pula NOC Indonesia melakukan diplomasi olahraga ke federasi internasional (IF) yang sekaligus untuk merealiasikan Indonesia Olympic Champions Program, yang sekaligus bertujuan membantu pemerintah menyukseskan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Terpisah, Tommy berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Ia berjanji akan berusaha maksimal untuk menjadi suara Indonesia di IESF. Tommy juga cukup mengetahui seluk beluk esport karena ia pendiri Dewa United, yang fokus di tiga cabang olahraga yaitu esports, sepak bola, dan basket.

“Saya akan menjaga kepercayaan yang diberikan dan berjuang untuk kemajuan esport sehingga olahraga ini dapat lebih lebih berkembang, baik secara prestasi dan hal-hal lainnya,” kata Tommy.