BolaSkor.com - Lengkap sudah deretan klub-klub Serie A, Italia, yang berganti pelatih di musim panas ini. Mengikuti Juventus, AS Roma, dan Inter Milan, AC Milan juga menunjuk pelatih baru pengganti Gennaro Gattuso.

Dikutip dari situs resmi AC Milan, Rossoneri merekrut Marco Giampaolo dari Sampdoria dengan ikatan kontrak dua tahun hingga tahun 2021 dengan opsi perpanjang setahun. Giampaolo diyakini memiliki gaji dua juta euro per tahun.

"AC Milan mengumumkan penunjukkan Marco Giampaolo sebagai pelatih baru tim utama yang berlaku dari 1 Juli 2019. Kesepakatan kontrak hingga 30 Juni 2021 dengan opsi perpanjang hingga Juni 2022," demikian pernyataan di laman resmi klub.

"Marco Giampaolo, lahir di Bellinzona pada 2 Agustus 1967, telah melatih 324 laga di seluruh kompetisi sepanjang kariernya dan 270 di antara di Serie A. Giampaolo akan mulai melatih tim utama AC Milan di hari pertama latihan pada 9 Juli."

Baca Juga:

Agen Gelandang Arsenal Kirim Kode untuk AC Milan

Calon Pelatih AC Milan Sanjung Maurizio Sarri

Semakin Mendekat ke AC Milan, Marco Giampolo Ingin Boyong Gelandang Sampdoria

Marco Giampaolo

Pelatih berusia 51 tahun akan jadi pelatih ke-60 yang menukangi klub peraih tujuh titel Liga Champions itu - delapan sejak pemecatan Massimiliano Allegri pada Januari 2014.

Salah satu kelebihan Giampaolo adalah memaksimalkan potensi pemain-pemain muda yang dimilikinya. Joachim Andersen, Dennis Praet, jadi dua nama yang dipopulerkannya di Sampdoria.

Milan tidak mengeluarkan biaya untuk merekrutnya karena Giampaolo memutus kontraknya dengan Sampdoria, klub yang pernah diasuhnya dari 2016 hingga tahun ini. Sepanjang karier kepelatihannya, Giampaolo pernah bekerja sebagai asisten pelatih.

Giampaolo sempat menjadi asisten pelatih Giovanni Galeone, Aldo Agroppi, Edi Reja, Carlo Mazzone, dan Nereo Rocco, sebelum mulai melatih klub sendiri, Ascoli, pada 2004. Kehadiran Giampaolo diharapkan bisa meningkatkan performa Milan.

Inkonsistensi masih sulit dihilangkan Milan. Musim lalu, mereka gagal menembus zona Liga Champions karena tidak konsisten bermain. Penulis sepak bola asal Italia, Adam Digby, salut dengan keberhasilan Milan mengamankan servis Giampaolo.

"Penunjukkan yang hebat oleh AC Milan. Pelatih hebat dari segi taktik yang telah membuktikan melalui catatan bagus pengembangan pemain-pemain muda. Persis yang dibutuhkan Milan," ucap Digby di @Adz77.