BolaSkor.com - Persis Solo resmi mengumumkan Jafri Sastra sebagai pelatih kepala pada kompetisi Liga 2 2018. Pelatih asal Payakumbuh diumumkan bersama satu asisten pelatih baru, Budi Kurnia.

Jafri dan Budi sebelum ini menjadi pelatih PSPS Riau pada ajang Piala Presiden 2018. Namun setelah ajang itu kerja sama tak berlanjut. Meski begitu, Budi Kurnia bukan sosok baru bagi Persis Solo. Musim lalu, dia menjadi pelatih fisik Laskar Sambernyawa.

Sekjen Persis Solo, Dedi M Lawe mengatakan, Jafri yang sudah mengantongi lisensi A AFC dipilih karena punya pengalaman. Apalagi pada 2015 lalu dia juga membawa Mitra Kukar lolos babak semifinal Piala Presiden dan jadi juara Piala Jendral Sudirman.

"Kita mau pelatih berlisensi A AFC karena sesuai regulasi. Kami pelajari track record-nya, kami pelajari bagaimana saat melatih tim sebelumnya. Pelatih baru ini juga sudah memahami kota Solo. Itu sangat penting," terang Dedi.

Jafri Sastra bersama tim kepelatihan Persis Solo. (BolaSkor.com/Al Khairan Ramadhan)

Jafri sendiri merasa senang pada akhirnya bisa gabung Persis Solo. Meski berstatus klub kasta kedua, menurutnya Persis Solo merupakan tim besar dengan dukungan suporter yang tak kalah hebat.

"Persis Solo menarik, saya penasaran dengan Persis Solo. Saya penasarannya begini, kenapa tim ini begitu sulit promosi ke Liga 1. Dari jaman pahit sampai kompetisi dikatakan bisa manis saat ini," ucapnya.

Dia mengaku akan memaksimalkan waktu dua pekan untuk berbenah. Namun untuk fase awal ini, pengamatan tentang kekuatan tim jadi faktor utama. Dia ingin skuat musim ini beranggotakan 24-25 pemain.

"Saya harus lakukan pengamatan lebih dulu. Lini mana yang perlu tambahan pemain. Saya juga akan berkomunikasi dengan tim pelatih yang sudah ada. Apalagi mereka sudah ada di tim ini sejak musim lalu," tuturnya.

Jafri sendiri langsung memantau uji coba Persis Solo di Lapangan Gedongan, Colomadu, Solo, Rabu (14/3) kemarin. Dalam uji coba melawan PS TNH Solo, Laskar Sambernyawa menang 5-0. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)