Resmi, Liga Champions Akan Menggunakan VAR

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 27 September 2018
Resmi, Liga Champions Akan Menggunakan VAR
VAR (Zimbio)

BolaSkor.com - Video Assistant Referee atau yang beken disebut VAR akan resmi digunakan pada ajang Liga Champions. Teknologi tersebut akan mulai diperkenalkan pada musim depan.

Keputusan tersebut diumumkan La Gazzetta dello Sport pada edisi Kamis (27/9). Sekarang kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh komite eksekutif UEFA.

Video Assistant Referee akan mulai diterapkan pada Liga Champions 2019-2020. Namun, pertandingan pertama yang akan menggunakan VAR dalah final Piala Super Eropa yang akan dihelat pada 14 Agustus 2019.

Nantinya, VAR baru diterapkan di Liga Europa satu tahun setelahya. Tepatnya, pada musim 2020-2021. Sementara itu, belum ada kejelasan apakan VAR akan digunakan pada kejuaraan Eropa U-21 yang akan berlangsung di Italia pada musim panas 2021.

Besar harapan, VAR akan mengurangi kesalahan pengambilan keputusan yang kerap terjadi pada laga Liga Champions. Selain itu, diharapkan tidak akan ada lagi tuduhan miring kepada UEFA yang dianggap menganakemaskan beberapa klub.

Pada musim lalu, presiden Juventus, Andrea Agnelli, meminta UEFA menggunakan VAR pada Liga Champions 2018-2019 setelah Bianconeri dihukum tendangan penalti pada akhir laga kontra Juventus. Padahal, saat itu La Vecchia Signora punya peluang besar untuk lolos ke babak berikutnya.

Protes lain hadir dari Bayern Munchen pada 2017. FC Hollywood menganggap kartu merah yang diterima Arturo Vidal saat melawan Los Merengues tak berdasar.

Saat ini, VAR bukanlah barang baru bagi sepak bola Eropa. Sejumlah liga-liga besar seperti Serie A dan LaLiga telah menggunakan teknologi tersebut.

Liga Champions VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan