BolaSkor.com - Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas (Bepe), resmi pensiun sebagai pesepak bola profesional. Bepe pensiun usai melakoni laga terakhir bersama Persija, saat menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (17/12).

Dari pantauan BolaSkor.com di SUGBK, para pemain Persija memakai baju bernomor 20. Nomor 20 adalah nomor punggung Bepe.

Beberapa The Jakmania turun ke lapangan untuk memberikan penghormatan bagi sang legenda. Terlihat para pemain berkumpul di lapangan tengah.

Sayang, Bepe harus mengakhiri kariernya dalam kekalahan 1-2 dari Persebaya. Dua gol Persebaya dilesakkan oleh Osvaldo Haay (8') dan Diogo Campos (23'). Sementara itu, Persija hanya bisa membalas lewat Marko Simic (31'). Dalam laga itu, Bepe baru dimainkan pada menit ke-76.

Baca Juga:

Resmi Pensiun, Ini 10 Fakta soal Bambang Pamungkas

Resmi Pensiun, Bambang Pamungkas Sampaikan Perpisahan Usai Persija Kontra Persebaya

Bambang Pamungkas
Suasana SUGBK saat Bepe mengumumkan pensiun. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan Bepe merupakan sosok legenda yang menginsipirasi. Ia berharap adanya generasi penerus Bepe baru di kancah sepak bola nasional.

"Malam ini adalah sejarah. Mengenai legenda, 20 tahun bepe jadi legenda lapangan hijau. Inspirasi anak-anak kita. Dia tunjukkan sportivitas. Idola Indonesia. Kita semua, malam ini, bahwa Persija, The Jakmna, Indonesia tak akan lupa Bepe. Kita semua jadi saksi, selama ini Anda idola kita," kata Anies.

"Inshallah akan muncul Bepe-Bepe baru di masa depan. Anda akan selalu ada di hati kita, sejarah Persija. Terima kasih atas nama Pemprov. Stadion diresmikan akan undang bepe untuk hadir dan menendang bola pertama. Terima kasih," tambahnya.

Bepe memutuskan pensiun setelah 20 tahun membela Persija Jakarta. Ia hanya dua kali pindah klub, yakni membela Selangor FA (2005-2007) dan Pelita Bandung Raya (2013-2014). Satu lagi hanya berstatus pinjaman bersama EHC Norad (2000).

Selama membela Persija, Bepe mempersembahkan dua gelar Liga Indonesia (Liga 1) tahun 2001 dan 2018. Serta satu gelar Piala Presiden 2018.