BolaSkor.com - Bukan Arsene Wenger, bukan juga Andre Villas-Boas atau Antonio Conte, yang akan menjadi suksesor Zinedine Zidane di Real Madrid, melainkan pelatih berusia 51 tahun, Julen Lopetegui.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Madrid (12/06), Lopetegui, yang saat ini melatih timnas Spanyol jelang Piala Dunia 2018, akan melatih Sergio Ramos dan kawan-kawan hingga tahun 2021.

"Julen Lopetegui akan menjadi pelatih Real Madrid setelah selebrasi di Piala Dunia 2018. Real Madrid mengumumkan bahwa Julen Lopetegui akan jadi pelatih tim utama selama tiga musim ke depan," bunyi pernyataan di laman resmi Madrid.

"Julen Lopetegui akan bergabung dengan klub setelah partisipasi Spanyol di Piala Dunia, setelah dua tahun memimpin timnas."

Salut untuk Lopetegui. Dia cukup berani mengambilalih 'kursi panas' Madrid setelah Zidane menetapkan standar tinggi, melalui tiga raihan titel Liga Champions yang diraih tiga musim beruntun. Di era Zidane, Madrid juga sukses meraih titel La Liga, Piala Super Spanyol, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Zidane pergi setelah dua tahun melatih Madrid, sejak dipromosikan dari Real Madrid Castilla untuk menggantikan Rafael Benitez. Tidak ada yang tahu persis alasan di balik kepergiannya. Namun, momen hengkang legenda hidup Santiago Bernabeu itu memang mengejutkan, karena terjadi beberapa hari setelah Madrid memenangi titel Liga Champions ke-13.

Lopetegui juga tidak asing lagi dengan Madrid. Dia pernah menjadi pemain Madrid pada medio 1988-1991, lalu melatih Real Madrid B pada musim 2008/09. Sebelum melatih timnas Spanyol, Lopetegui pernah melatih Rayo Vallecano, timnas Spanyol U19 hingga U21, dan Porto.

Kelebihan Lopetegui adalah memaksimalkan potensi pemain di dalam skuatnya, terlebih pemain muda. Pada tahun 2012 dia pernah membawa Spanyol U19 juara Euro U19, lalu setahun setelahnya, menjuarai Euro U21 dengan Spanyol U21.