BolaSkor.com - MotoGP telah mengkonfirmasi kesepakatan berdurasi lima tahun untuk menggelar lomba di Brasil terhitung sejak musim 2022. Artinya pada MotoGP 2022, jumlah lomba dalam satu musim bisa mencapai 22 putaran.

Untuk diketahui, sebelumnya Indonesia juga sudah sudah memiliki kontrak untuk menggelar MotoGP pada musim 2021. Kini para pemangku kepentingan bakal membuat sirkuit di Mandalika, Lombok.

Adapun tahun lalu, sejatinya penyelenggara MotoGP, Dorna telah menyetujui kesepatan awal untuk mengembalikkan lomba MotoGP Brasil pada musim 2021.

Baca Juga:

Komentar Pembalap Penguji Honda: Kasihan Jorge Lorenzo

Usai Kunci Juara Dunia MotoGP 2019, Marc Marquez Masih Punya Target Lain Musim Ini

Trek sendiri akan benar-benar baru. Dibangun di Deodoro, kota Rio de Janiero dan dikerjakan oleh perusahaan lokal, Rio Motorsport. Namun kesepakatan hitam di atas putih sempat tertunda.

Namun kini sudah dipastikan MotoGP Brasil yang memiliki sirkuit sepanjang 4,5 km plus tujuh tikungan ke kiri dan enam tikungan ke kanan, akan masuk kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2022.

"Kabar bahwa kami akan menggelar lomba pertama di trek yang sedang kami bangun di Rio untuk MotoGP tahun 2022, mempresentasikan kemajuan besar bagi kota kami," kata Walikota Rio de Janeiro, Marcelo Crivella.

"Pembangunan sirkuit di Deodoro merupakan proyek spektakuler. Dengan investasi yang luar biasa, kami akan menyediakan 7 ribu lapangan pekerjaan," lanjutnya.

Praktis jika terelisasi tahun 2022, maka untuk kali pertama sejak musim 2004, Brasil kembali jadi tuan rumah MotoGP.

Pada tahun 1995 dan 2004, Sirkuit Jacarepagua sempat jadi tempat GP Rio de Janiero. Kemudian GP Brasil berlangsung di Goiania kurun waktu 1987-1989 plus di Interlagos tahun 1992.*