BolaSkor.com - Bukan Sokratis Papastathopoulos yang menjadi rekrutan pertama Arsenal di era Unai Emery pada musim panas ini, melainkan bek kanan berusia 34 tahun, Stephan Lichtsteiner.

Laman resmi Arsenal, Selasa (5/6), telah mengenalkan Lichsteiner kepada publik. Dia akan mengenakan nomor punggung 12 dan direkrut Arsenal dengan gratis, setelah kontraknya berakhir dengan Juventus.

Kehadiran Lichsteiner bukan hanya sebagai pesaing bagi Hector Bellerin, bek kanan Arsenal, melainkan untuk menambah pengalaman di lini belakang yang menjadi titik lemah Arsenal sepanjang musim 2017/18.

Lichsteiner telah bermain selama tujuh tahun bersama Juventus, memainkan lebih dari 250 penampilan dan sukses meraih tujuh Scudetto, tiga Piala Super Italia, dan empat Coppa Italia. Mantan bek Lazio juga telah mengemas 99 caps untuk timnas Swiss dan menjadi kapten negaranya sejak tahun 2016.

Kedatangan Lichtsteiner disambut hangat oleh Emery. Manajer asal Spanyol itu yakin Lichtsteiner dapat meningkatkan Arsenal di dalam dan luar pertandingan, dengan kualitas dan jiwa kepemimpinannya.

"Stephan memberikan pengalaman besar dan juga kepemimpinan di dalam skuat kami. Dia seorang pemain dengan kualitas besar, dengan sikap yang sangat positif dan bedeterminasi. Stephan akan meningkatkan kami di dalam dan luar pertandingan," ucap Emery.

Pun demikian Lichtsteiner yang tidak sabar berlatih di bawah arahan Emery. "Dia pelatih yang sangat bagus dan memenangi banyak titel, terutamanya titel Liga Europa, tempat kami bermain musim depan. Dia seorang pelatih yang tahu akan hal yang diinginkannya dan juga pelatih yang dapat mengembangkan pemain, termasuk pemain tua seperti saya," imbuh Lichtsteiner.

Produk akademi Grasshopper langsung mencanangkan target membawa kembali Arsenal ke Liga Champions, setelah musim ini hanya menempati peringkat enam klasemen dan bermain di Liga Europa musim depan.

"Itulah proyeknya (kembali ke Liga Champions). Saya pikir sulit untuk melihat klub seperti Arsenal tidak bermain di Liga Champions. Jika Anda melihat pemain, klub, dan stadion (yang dimiliki Arsenal)," sambung Lichtsteiner.

Terakhir, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana permainan Lichtsteiner, dia adalah tipikal full-back modern yang tahu momen kapan bertahan dan juga menyerang. Selain dapat bermain sebagai bek kanan, Lichtsteiner juga dapat bermain sebagai bek sayap kanan dan gelandang sayap kanan.

"Gaya bermain saya? Saya bek kanan yang suka menyerang (overlap), tapi, saya juga tahu kapan waktunya menyerang dan juga bertahan. Saya harus menempatkan keseimbangan di antara bertahan dan menyerang," pungkas Lichtsteiner.