Resmi Tangani Juventus, Andrea Pirlo Dapat Peringatan Keras dari Mantan Tandemnya

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 09 Agustus 2020
Resmi Tangani Juventus, Andrea Pirlo Dapat Peringatan Keras dari Mantan Tandemnya
Andrea Pirlo (Twitter)

BolaSkor.com - Andrea Pirlo telah resmi ditunjuk menjadi pelatih anyar Juventus menggantikan Maurizio Sarri. Menangani Bianconeri merupakan debutnya dalam karier kepelatihan.

Penunjukan Pirlo sebagai pelatih Juventus ini memang cukup mengejutkan. Padahal sebelumnya, ia hanya dipercaya menangani tim B yang berlaga di Serie C.

Direktur olahraga Juventus, Fabio Paratici menyebut Pirlo memang disiapkan untuk menjadi pelatih kepala. Rencana tersebut kini hanya dipercepat.

Baca Juga:

Belum Genap 24 Jam Maurizio Sarri Angkat Kaki, Juventus Tunjuk Andrea Pirlo Jadi Pengganti

Rencana Pemecatan Maurizio Sarri Dibuat Juventus Sebelum Tersingkir dari Liga Champions

Juventus yang Mendambakan Zinedine Zidane

“Keputusan untuk (memilih) Pirlo sangat alami dengan gaya Juventus karena dia selalu berhubungan dengan semua orang di sini dan itu terasa alami. Kami juga percaya dia ditakdirkan untuk menjadi hebat seperti saat bermain," kata Paratici kepada Sky Sport Italia.

"Kami percaya diri dia bisa melakukan hal yang sama saat berperan sebagai pelatih."

Juventus memang punya tradisi menunjuk mantan pemainnya menjadi pelatih. Namun kebanyakan sosok yang ditunjuk sudah punya pengalaman melatih di klub lain.

Petinggi Juventus boleh percaya diri dengan kemampuan Pirlo. Namun keputusan ini harus diakui memiliki resiko yang tinggi.

Dengan pengalaman yang minim, Pria berusia 41 tahun itu harus memimpin Juventus yang diperkuat banyak pemain bintang, Hal tersebut membuat Pirlo diberi peringatan keras oleh mantan tandem lamanya di AC Milan dan Timnas Italia, Gennaro Gattuso.

Gennaro Gattuso dan Andrea Pirlo

Gattuso memperingatkan Pirlo bahwa menjadi pelatih dan pemain merupakan dua hal yang jauh berbeda. Reputasi sebagai gelandang jenius tidak akan banyak membantunya.

"Dia beruntung bisa memulai (karier kepelatihannya) di Juventus. Namun pelatih merupakan satu profesi dimana karier bermain yang hebat saja tidak cukup," kata Gattuso.

"Anda harus belajar, bekerja keras, dan tidak banyak tidur. Menjadi pemain dan menjadi pelatih sama sekali bukan hal yang sama."

Gattuso tentu paham betul sulitnya menjadi seorang pelatih. Ia yang lebih dulu beralih profesi sempat gagal beberapa kali bahkan juga dipecat sebelum menjuarai Coppa Italia bersama Napoli yang menjadi trofi pertama dalam karier kepelatihannya.

"Ini adalah profesi yang sama sekali berbeda dan kita tidak bisa mempelajarinya hanya dari buku. Kita harus masuk ke sana dan bekerja keras karena ini dunia yang berbeda," pungkasnya.

Andrea Pirlo Juventus Gennaro Gattuso Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan