Resmi, Timnas Spanyol Berpisah dengan Luis Enrique

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 08 Desember 2022
Resmi, Timnas Spanyol Berpisah dengan Luis Enrique
Luis EnrIque (RFEF)

BolaSkor.com - Kegagalan Timnas Spanyol menembus perempat final Piala Dunia 2022 akhirnya memakan korban. Luis Enrique resmi kehilangan jabatannya sebagai pelatih.

Spanyol harus menghentikan langkahnya di Piala Dunia 2022 secara tragis. Jumpa Maroko yang berstatus kuda hitam pada babak 16 Besar, La Furia Roja harus takluk lewat adu penalti.

Ironisnya, tak satu pun dari tiga eksekutor Spanyol yang mampu mencetak gol. Padahal Enrique mengaku sudah mempersiapkan timnya secara matang untuk melakoni adu penalti.

Baca Juga:

Pelatih Maroko Akui Hadapi Spanyol Bikin Lelah, tetapi Tidak Membahayakan

Pilih Sendiri Algojo Penalti Spanyol, Luis Enrique Tanggung Jawab Penuh

Luis Enrique dan Kewajiban 1.000 Tendangan Penalti

Selepas kegagalan tersebut, Enrique enggan mengambil keputusan terkait masa depannya. Ia merasa butuh waktu untuk memikirkannya secara matang.

Namun federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada akhirnya mengambil keputusan tegas. Mereka enggan melanjutkan kerja sama dengan Enrique dan stafnya.

"RFEF ingin berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatihnya yang memimpin tim nasional senior dalam beberapa tahun terakhir," bunyi pernyataan resmi RFEF.

"Manajemen olahraga RFEF telah menyampaikan kepada presiden sebuah laporan di mana proyek baru harus dimulai untuk Timnas Spanyol dengan tujuan untuk melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat pekerjaan yang dilakukan oleh Luis Enrique dan rekan-rekannya."

"Baik presiden, Luis Rubiales, dan Direktur Olahraga, José Francisco Molina, telah menyampaikan keputusan tersebut kepada pelatih (Enrique)," sambung pernyataan tersebut.

Enrique dipercaya menangani Timnas Spanyol usai gelaran Piala Dunia 2018. Ia sempat rehat pada tahun 2019 karena urusan keluarga.

Namun mantan pelatih Barcelona itu kembali dan memimpin Timnas Spanyol berlaga di Piala Dunia 2022. Pada ajang tersebut, Enrique sukses membawa timnya melaju hingga semifinal.

Spanyol asuhan Enrique sebenarnya mengawali perjalanannya di Piala Dunia 2022 dengan sangat meyakinkan. Kosta Rika dihajar tujuh gol tanpa balas pada laga pembuka.

Namun kekalahan mengejutkan kontra Jepang pada laga terakhir fase grup merusak kepercayaan diri Timnas Spanyol. Hal itu berlanjut pada laga kontra Maroko saat Alvaro Morata dan kawan-kawan gagal memaksimalkan banyak peluang emas menjadi gol.

RFEF tak butuh waktu lama untuk menunjuk pengganti Enrique. Luis de la Fuente yang sebelumnya menangani Spanyol U-21 naik pangkat ke timnas senior.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Luis enrique Timnas Spanyol Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan