Resmi, UEFA Pindahkan Final Liga Champions dari Rusia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 25 Februari 2022
Resmi, UEFA Pindahkan Final Liga Champions dari Rusia
Krestovsky Stadium (Twitter)

BolaSkor.com - Kota Saint Petersburg akhirnya kehilangan hak menggelar final Liga Champions 2021-2022. UEFA secara resmi mengubah venue partai puncak efek invasi militer Rusia ke Ukraina.

Krestovsky Stadium awalnya mendapat kehormatan untuk menggelar partai puncak Liga Champions 2021-2022 jauh sebelum musim ini bergulir. Markas Zenit Saint Petersburg itu dipilih langsung oleh UEFA.

Namun UEFA baru saja menganulir keputusan tersebut lewat sebuah rapat luar biasa komite eksekutif. Ini sebagai reaksi dari manuver pemerintah Rusia yang melakukan serangan militer ke sejumlah wilayah Ukraina.

Baca Juga:

Rusia Invasi Ukraina, FIFA dan UEFA Tak Tinggal Diam

16 Besar Liga Champions 2021-2022: UEFA 'Bantu' Man United dan Liverpool

7 Aksi Dunia Sepak Bola untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina

Langkah pemerintah Rusia memang menuai kecaman banyak pihak. Keputusan UEFA ini menjadi salah satu bentuk penolakan terhadap keputusan pemerintahan Vladimir Putin.

UEFA juga langsung memutuskan venue pengganti. Stade de France akhirnya dipilih setelah sebelumnya Stadion Wembley menjadi favorit.

Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk memindahkan final Liga Champions 2021-2022 dari Saint Petersburg ke Stade de France. Pertandingan akan dimainkan seperti yang dijadwalkan," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Keputusan UEFA ini sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya. Tetap menggelar laga final di Rusia memang bukan pilihan bijak.

Nasib Sepak Bola Rusia dan Ukraina

UEFA juga membuat keputusan terkait partisipasi Timnas serta klub Rusia dan Turki di kompetisi resmi. Mereka harus menggelar laga kandang di tempat netral sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Selain itu, UEFA juga berkonsentrasi untuk menjaga keselamatan para pesepak bola yang berkarier di Rusia dan Ukraina. Badan pimpinan Aleksander Ceferin masih mencari cara terbaik untuk membawa mereka keluar dari wilayah konflik sesegera mungkin.

Liga Champions UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan