BolaSkor.com - Legenda Manchester United dan Inggris Wayne Rooney menyatakan pensiun kala diangkat jadi manajer Derby County. Pernyataan pensiun pria berusia 35 tahun itu direspons oleh banyak figur sepak bola.

"Bagi saya, untuk mencoba dan membantu klub (Derby) kembali ke masa kejayaannya adalah kesempatan besar. Masa depan saya adalah dalam manajemen," ucap Wayne Rooney dikutip dari Goal.

"Saya memiliki karier yang hebat dengan beberapa pasang surut, tetapi saya tidak akan mengubah apapun. Tapi sekarang, saya ingin menulis sejarah dalam karier manajerial saya. Seluruh hidup saya adalah bermain sepak bola, jadi saya beruntung masih menjadi bagian darinya. Ini babak baru bagi saya."

"Apakah saya akan merindukan bermain? Tentu saja, tetapi waktu tidak berhenti. Saya memiliki waktu saya, inilah saatnya bagi generasi muda untuk memiliki waktu mereka dan saya membimbing mereka," tegas dia.

Baca Juga:

Wayne Rooney: Usaha Keras Cristiano Ronaldo Tidak Membuatnya Melebihi Lionel Messi

Cara Ferguson Damaikan Rooney dan Ronaldo Pasca Insiden Piala Dunia 2006

Manchester United Ikat Anak Wayne Rooney

Wayne Rooney dengan Derby County

Salah satu pemain tersukses Inggris. Kendati tak memenangi titel prestisius dengan timnas Inggris, Rooney meninggalkan catatan emas dengan statusnya sebagai top skorer sepanjang masa Inggris dan juga Manchester United.

Pengemas 120 caps dan 53 gol dengan Inggris melalui sukses besar dalam kariernya ketika membela United pada medio 2004-2017. Selama 13 tahun itu Rooney memenangi 16 trofi di antaranya lima titel Premier League, tiga Piala Liga, satu Piala FA, satu Liga Champions, dan Liga Europa.

Rooney meninggalkan United dengan torehan 253 gol di seluruh kompetisi, melalui rekor gol Sir Bobby Charlton sebagai top skorer sepanjang masa United. 208 golnya juga menjadikannya top skorer kedua sepanjang masa di Premier League.

Wayne Rooney sukses besar di MU

"Salah satu pesepak bola hebat sepanjang masa kami telah pensiun. Ini bukanlah momen yang mudah bagi pemain mana pun, tetapi Rooney menikmati karier yang benar-benar indah di lapangan. Semoga dia sukses di luar lapangan bersama Derby. Bagus dan semoga berhasil," tutur Gary Lineker.

Bahkan legenda Liverpool yang notabene rival MU, Steven Gerrard turut memberikan ucapan penghargaan kepada Rooney. Keduanya kolega dan kompatriot yang juga telah memberikan segalanya untuk Inggris.

"Suatu kehormatan bisa berbagi lapangan dengan Rooney, pemain luar biasa dan juga pemuda hebat. Semua yang terbaik dengan masa depan Anda dan semoga sukses bersama Derby," imbuh Gerrard.

Ucapan itu tidak hanya datang dari kompatriotnya melainkan juga mantan rekan setimnya di United, seperti Robin van Persie dan Ander Herrera.

"Selamat atas karier luar biasa Anda, teman saya, Rooney! Terima kasih atas momen luar biasa baik di dalam maupun di luar lapangan. Saya akan selamanya mengingat bantuan itu dan banyak lagi. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik dengan langkah Anda selanjutnya dan saya yakin Anda akan menjadi manajer fantastis," tambah Van Persie.

"Saya bangga bahwa saya akan selalu bisa mengatakan bahwa saya bermain bersama Rooney. Selamat menikmati masa pensiun, legenda," imbuh Herrera.