Respons Ketua NOC soal Imbauan Presiden Jokowi untuk Tembus Tiga Besar SEA Games

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 10 Mei 2022
Respons Ketua NOC soal Imbauan Presiden Jokowi untuk Tembus Tiga Besar SEA Games
Raja Sapta Oktohari memberikan arahan kepada atlet yang berlaga di SEA Games 2021 (BolaSkor/Johan Kristiandi)

BolaSkor.com - Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, memberikan respons terkait keinginan Presiden Joko Widodo mengenai peringkat Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam. Okto menegaskan, Tim Indonesia yang berlaga di SEA Games kali ini memiliki strategi yang berbeda soal target emas.

Raja Sapta Oktohari turut melepas kepergian sejumlah atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2021. Ketua NOC tersebut menemani hingga Bandara Soekarno-Hatta (10/5) sembari memberikan pesan kepada atlet yang berlaga.

Pada kesempatan tersebut, Okto juga memberikan respons terkait imbauan Presiden Jokowi yang ingin Indonesia berada di tiga besar. Menurut Okto, sejatinya Presiden dan kontingen Indonesia punya semangat yang sama.

Baca Juga:

Tim Kano Kayak Indonesia Diharapkan Capai Target di SEA Games 2021

Ketua NOC Indonesia Berharap Sumbangan Medali Emas dari Tim Esports

Namun, untuk SEA Games kali ini, tidak ada lagi target emas secara keseluruhan cabang olahraga. Sebagai gantinya, setiap cabor memiliki target masing-masing.

"Presiden kemarin memberikan imbauan. Presiden menyampaikan jika sebelumnya peringat kelima dan kemudian keempat sehingga harapannya bisa menjadi peringkat ketiga, kedua, bahkan peringkat satu," terang Okto kepada BolaSkor.

"Saya pikir, Presiden punya semangat yang sama dengan kita karena ini situasinya extraordinary. Kita ingin memaksimalkan SEA Games sebagai ajang uji coba untuk yang lebih elite lagi. Apalagi ini setelah ini banyak kegiatan untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024."

Oleh karena itu, kontingen Indonesia pada SEA Games kali ini tidak dibebankan target secara posisi di klasemen umum perolehan medali. Namun, Okto tetap meminta para atlet meraih prestasi terbaik.

Raja Sapta Oktohari memberikan arahan kepada atlet yang berlaga di SEA Games 2021 (BolaSkor/Johan Kristiandi)

"Karena ini extraordinary SEA Games dan tidak ada ketetapan secara negara. Jadinya, target bukan secara negara, tetapi secara cabang olahraga. Masing-masing cabor kita imbau memberikan target kepada masing-masing atlet," jelas Okto.

Lebih lanjut, Okto juga mengungkapkan jika Presiden Jokowi punya permintaan khusus kepada dunia olahraga Tanah Air. Presiden ingin Indonesia menjadi tuan rumah di banyak ajang internasional.

"Presiden juga kembali mengimbau kepada kami untuk membawa banyak event internasional ke Indonesia. Kita juga sudah melaporkan Indonesia menjadi tuan rumah banyak event internasional seperti panjat tebing dan Esports," ungkap Okto.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 ofisial yang berpartisipasi pada 32 cabor. Tim Indonesia juga mendapat dukungan dari official media patner yakni Merah Putih Media.

SEA Games 2021 Breaking News NOC Raja Sapta Oktohari
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.482

Bagikan