BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) menetapkan tiga tahapan pencegahan wabah virus corona di kompetisi Thai League. Hal ini muncul dalam pertemuan FAR dengan operator kompetisi, serta perwakilan klub Thai League 1 sampai 4.

Pertemuan juga melibatkan tim penilai, hingga wasit. Ini merupakan pertemuan mendesak untuk membahas langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

"Karena Federasi Sepak Bola Thailand dan Thai League Company Limited menyadari bahaya epidemi itu. Wabah baru virus corona atau virus Covid-19 adalah ancaman bagi dunia," kata Presiden FAT, Somyot Poompanmoung.

"Situasi epidemi juga memengaruhi berbagai kegiatan olahraga, terutama liga profesional di banyak negara seperti J-League Jepang dan Calcio Serie A Italia menunda kompetisi untuk mencegah penyebaran saat ini."

Baca Juga:

Thailand Batalkan Kunjungan ke Solo untuk Uji Coba Melawan Timnas Indonesia U-16

Ferrari Ikuti Langkah McLaren Antisipasi Virus Corona

"Dengan cara sama, Liga Profesional Thailand perlu menemukan cara mengatasinya. Guna mencegah penyakit tidak tersebar ke personel terkait, termasuk fans sepak bola, yang mungkin berdampak jangka panjang," sambung Somyot.

Tahapan pencegahan pertama dengan melakukan skrining, termasuk melakukan praktik di lapangan dan perlindungan terhadap pihak terkait. Di poin ini, setiap orang harus memakai masker untuk mencegah penyebaran dan diharuskan menyediakan gel alkohol untuk cuci tangan di berbagai titik seperti penjualan tiket, pintu masuk. Selain itu diharuskan melakukan pembersihan fasilitas yang sering disentuh seperti pintu dan tangga.

Tingkatan kedua FAT akan membuat liga tertutup, diantaranya di zona yang berisiko. Laga juga perlu ditutup di semua stadion.

Tingkatan ketiga yang cukup serius yakni menunda liga, dengan berpatokan pengumuman Departemen Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Masyarakat. Di tingkatan ini, perkembangan akan dipantau dan klub diberi informasi secara berkala.