Restu Menpora untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 10 Februari 2022
Restu Menpora untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat
Menpora Zainudin Amali bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Shin Tae-yong. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberikan rekomendasi proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk Timnas Indonesia.

Ini berdasarkan hasil pertemuan Menpora Zainudin Amali beserta Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan dan jajaran, serta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (10/2).

"Saya baru saja memimpin rapat tentang permohonan dari PSSI kebutuhan naturalisasi pemain untuk tim nasional. Karena yang kita ingin bangun adalah sepak bola nasional. Kita ada Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional, kita lebih mengutamakan pembinaan. Tetapi karena juga ada kebutuhan untuk tim nasional dan sekaligus kita ingin memperbaiki peringkat Timnas kita di FIFA sehingga mau tidak mau kita harus membutuhkan satu tim nasional yang kuat," kata Zainudin Amali di Wisma Kemenpora, Kamis (10/2).

"Kita membagi, pemerintah akan membantu tentang proses secara administrasi. Tetapi yang menyiapkan administrasi adalah federasi, mencari tahu, menelusuri benar tidak mereka berdarah Indonesia itu menjadi tugasnya federasi. Kemudian secara teknis itu adalah rekomendasi dari pelatih sekarang pelatih tim nasional kita adalah Sin Tae-yong," jelasnya.

Baca Juga:

Izin Orang Tua Jadi Alasan Mees Hilgers dan Kevin Diks Batal Dinaturalisasi

Hanya Sandy Walsh dan Jordi Amat yang Dinaturalisasi, Mees Hilgers serta Kevin Diks Dicoret

Sementara itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi bantuan Menpora Zainudin Amali.

"Dari hasil yang disiapkan oleh pelatih Shin Tae-yong, dua pemain tersebut yang ingin segera hier oleh yang bersangkutan untuk bisa bergabung dengan Timnas kita. Sehingga nantinya dengan proses yang dibantu oleh Pak Menpora mereka bisa segera datang ke Indonesia untuk bisa bergabung dengan Timnas kita. Semua naturalisasi yang diminta Shin Tae-yong kami meneruskan kepada pemerintah untuk membantu segera proses kewarganegaraan untuk bisa bergabung dengan Timnas kita," kata Iriawan.

Sedangkan dua nama lainnya, yakni Mees Hilgers dan Kevin Diks dipastikan batal untuk dinaturalisasi. Keduanya terbentur restu orang tua.

PSSI menargetkan Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang. Namun, target ini tak akan mudah mengingat proses ini harus mendapat persetujuan DPR RI, Kementerian Hukum dan Ham RI, serta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Pssi Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Mochamad Iriawan Sandy Walsh Jordi Amat Mees Hilgers Kevin Diks Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan