BolaSkor.com - Revolusi Barcelona di bawah kepemimpinan Joan Laporta tampaknya akan dimulai pada musim panas mendatang. Sebanyak 14 pemain berpeluang menjadi korban dari kebijakan ini.

Laporta resmi kembali menjabat sebagai presiden Barcelona pada awal Maret silam. Ia memenangi persaingan dengan sejumlah nama untuk menggantikan Josep Maria Bartomeu.

Ironisnya, Laporta harus menerima kenyataan pahit di awal kepemimpinannya. Barcelona gagal berprestasi di dua turnamen bergengsi yaitu LaLiga dan Liga Champions.

Baca Juga:

Sergio Aguero Rela Potong Gaji, Barcelona Masih Mikir-Mikir

Pjanic Mengecewakan, Barcelona Ingin Tukar dengan Jorginho atau Bentancur

Ditahan Levante, Koeman Nyatakan Barcelona Tak Mungkin Juara LaLiga

Philippe Coutinho

Barcelona disingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dari babak 16 besar Liga Champions. Ironisnya, hal itu terjadi hanya beberapa hari setelah kemenangan Laporta.
'
Sementara peluang Barcelona untuk menjuarai LaLiga sudah nyaris tertutup. Dengan dua laga sisa, Lionel Messi dan kawan-kawan masih tertinggal enam poin dari Atletico Madrid yang menduduki puncak klasemen.

Kesuksesan Barcelona menjuarai Copa del Rey seolah terasa hambar dengan dua kegagalan tersebut. Kondisi ini juga membuat Laporta geram.

Dilansir dari Mundo Deportivo, Laporta akan melakukan perombakan besar-besaran di skuat Barcelona pada musim panas mendatang. Ia berniat mengganti hampir separuh tim dengan nama-nama baru.

Tercatat ada 14 pemain yang berpeluang terdepak dari Barcelona. Beberapa nama besar seperti Philippe Coutinho, Miralem Pjanic, hingga Samuel Umtiti termasuk di dalamnya.

Kebijakan ini harus dilakukan Barcelona sebelum mendatangkan pemain anyar. Hal itu demi menjaga neraca keuangan mereka tidak bertambah buruk.

Dengan melepas sejumlah bintang, Barcelona memang bisa menghemat pengeluaran dari beban gaji. Namun bukan berarti Blaugrana akan memberi diskon kepada daftar pemain yang dimaksud.

Barcelona membuka opsi untuk meminjam deretan bintangnya yang terpakai. Kebijakan ini akan dilakukan jika tidak ada klub yang memenuhi permintaan harga transfer bintang mereka.

Bidik Pemain Gratisan

Selain melepas banyak pemain, Barcelona juga membidik sejumlah bintang dengan status bebas transfer. Sergio Aguero dan Memphis Depay menjadi salah satu target utama.

Kebijakan ini juga masih berkaitan dengan kondisi finansial Barcelona. El Barca tidak perlu mengeluarkan dana transfer sehingga uangnya bisa dialihkan untuk membayar gaji sang pemain.

Satu nama yang sudah berhasil diboyong Barcelona dengan kebijakan ini adalah Eric Garcia. Bek Manchester City itu akan merapat ke Camp Nou pada musim panas mendatang secara gratis.

Namun Laporta punya pengecualian untuk sejumlah nama besar seperti Erling Haaland atau Kylian Mbappe. Ia diyakini siap mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan komoditas terpanas di bursa transfer mendatang.