BolaSkor.com - Chelsea sangatlah aktif di bursa transfer musim panas ini. The Blues arahan Frank Lampard sudah merekrut lima pemain dari Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwell, Malang Sarr, hingga teranyar Thiago Silva.

Tiga nama yang disebut terakhir berposisi sebagai bek. Hal itu jelas memperlihatkan keinginan Lampard untuk membenahi lini pertahanan Chelsea yang kebobolan 54 gol di Premier League musim lalu. Jumlah itu melebihi tim-tim lainnya di papan atas klasemen.

Chilwell diboyong dari Leicester City sebesar 50 juta poundsterling dan dikontrak lima tahun. Sementara Thiago Silva dan Malang Sarr direkrut gratis karena kontrak keduanya berakhir dengan PSG (Paris Saint-Germain) dan Nice.

Silva dan Sarr bek tengah dan Chilwell bek kiri. Kedatangan mereka berpotensi menjadi indikasi kepergian dua bek kiri lain, Marcos Alonso atau Emerson Palmieri, atau salah satu bek tengah dari Kurt Zouma, Andreas Christensen, Fikayo Tomori, dan Antonio Rudiger.

Baca Juga:

Chelsea Resmi Ikat Thiago Silva dengan Kontrak Satu Tahun

Resmi Digaet Chelsea, Malang Sarr Masuk Daftar Siap Dipinjamkan

Giliran Lini Belakang Dipoles, Chelsea Resmi Rekrut Ben Chilwell

Thiago Silva

Kini Chelsea tinggal menantikan Kai Havertz yang menurut pakar transfer sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano tinggal tes medis dan dikenalkan sebagai pemain anyar klub. Chelsea sudah sepakat soal harga Havertz dengan Bayer Leverkusen.

Terlepas dari transfer yang mengeluarkan biaya untuk Chelsea, keputusan Chelsea merekrut Silva dan Sarr sudah tepat mengingat keduanya direkrut dengan gratis. Terlebih Silva dan Sarr bukan sekedar bek tengah biasa.

Silva (35 tahun) sudah sangat berpengalaman setelah sebelumnya bermain dengan AC Milan (2009-2012) dan PSG (2012-2020). Kualitasnya tak pernah diragukan, baik dari kualitas teknik atau jiwa kepemimpinan yang dimilikinya.

"Silva menunjukkan dia masih bisa menunjukkan (permainan) di level tertinggi di final Liga Champions hari Minggu (kontra Bayern Munchen)."

"Hasil tersebut pada akhirnya mengecewakan baginya dan bagi PSG, tetapi Silva berperan penting dalam menangkal Robert Lewandowski untuk waktu yang lama dan juga mengatasi para pemain sayap cepat Bayern dengan baik."

"Kualitas pertahanan itu, ditambah dengan kemampuan bermain bola, membuatnya cocok untuk tim Frank Lampard tetapi yang seharusnya lebih berguna adalah pengalamannya - terutama di lini belakang Chelsea yang tidak memiliki itu," tutur penulis Sky Sports, Nick Wright.

Statistik Sky Sports memperlihatkan musim lalu di Ligue 1 2019-2020 Silva punya akurasi operan 95,45 persen per 90 menit (urutan teratas), operan mencapai tepat sasaran di pertahanan lawan 14,08 persen per 90 menit (terbaik kedua), memblok bola 0,86 persen.

Sementara Sarr baru berusia 21 tahun dan disiapkan Chelsea untuk investasi jangka panjang. Lalu ada Chilwell yang menjadi versi 'upgrade' dari Alonso dan Emerson dari sisi defensif, namun juga kuat ketika naik membantu serangan.

Chilwell musim lalu terlibat dalam enam gol Leicester di Premier League (tiga gol dan tiga assists). Jumlah itu sama dengan Alonso (empat gol dan dua assists) dengan sembilan laga yang lebih sedikit.