BolaSkor.com - Sebagai mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, melihat banyak perubahan yang terjadi di zaman ini dibandingkan eranya dulu. Lorenzo menilai saat ini seluruh tim memiliki kesempatan yang sama meraih podium.

Berkaca saat Lorenzo masih turun di MotoGP, hanya ada tiga tim yang selalu mendominasi jalannya balapan, yakni Yamaha, Honda, dan Ducati. Ketiga tim tersebut kerap kali bergantian merebut podium. Seolah balapan MotoGP hanya diikuti Yamaha, Honda, dan Ducati.

Memasuki musim 2020 hingga sekarang, tradisi Yamaha, Honda, dan Ducati memimpin pertandingan mulai goyah. Muncul beberapa tim kecil yang mampu membuktikan kemampuannya.

Baca Juga:

Mandalika Bukan Hanya Superbike dan MotoGP

Andrea Dovizioso Mulai Pasang Target

Sebut saja di antaranya Suzuki saat berhasil meraih gelar juara 2020. Lalu KTM saat meraih podium pertama di MotoGP Catalunya 2021 lalu. Terakhir saat Aprillia yang mampu mencetak rekor meraih podium untuk pertama kalinya sejak mengikuti MotoGP.

“Dibandingkan sepuluh tahun lalu, kejuaraan MotoGP telah berubah total. Perbedaan terletak pada kecepatan pembalap dan motornya. Sekarang, seluruh tim yang berada di grup papan atas bisa melaju bersama. Ini sangat luar biasa,” jelas Lorenzo.

Lorenzo melihat hal ini tidak terlepas dari kebijakan yang dibuat Dorna terkait pengaturan motor. Berkat Dorna setiap tim, baik itu tim pabrikan maupun tim satelit bisa bersaing seimbang. Istila tim medioker perlahan mulai hilang.

“Dalam konteks performa, semua motor bisa meraih podium, bahkan kemenangan. Ini tidak pernah terjadi di masa lalu. Hal ini mendemonstrasikan keberhasilan Dorna menciptakan kesimbangan di pit sedikit demi sedikit,” tutur Lorenzo.

Penulis: Bintang Rahmat