BolaSkor.com - Sekira tiga ribu fans tim nasional Belanda memadati Lapangan Panahan, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Jumat (25/11) malam WIB. Kehadiran mereka di sana untuk memeriahkan puncak gelaran Oranje Indonesia Festival yang secara resmi dibuka oleh legenda timnas Belanda, Ron Vlaar.

Acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan musisi-musisi Tanah Air seperti Danila Riyadi dan Jason Ranti. Penampilan mereka menggebrak panggung besar yang berdiri kokoh di tengah dua layar besar yang disiapkan oleh penyelenggara.

Nantinya sebagai penutup atau puncak acara, akan digelar nonton bareng (nobar) pertandingan timnas Belanda melawan Ekuador. Itu merupakan laga kedua untuk Belanda dan Ekuador di babak Grup A Piala Dunia 2022 Qatar.

Perwakilan KNVB, Ilja Dijkstra, mengaku senang dengan antusiasme fans timnas Belanda yang hadir dalam acara Oranje Indonesia Festival. Sebab, melalui kegiatan ini, akan semakin meningkatkan interaksi antarfans.

"Kami sangat bahagia di sini untuk memberikan sesuatu bagi fans timnas Belanda di Indonesia. Sangat luar biasa fans Belanda hari ini," ucap Ilja.

"Hari ini bagaimana bisa ada yang cinta timnas Belanda di belahan dunia dan akhirnya kami menggelar Oranje Festival Indonesia," jelas Ilja.

Baca Juga:

Bintang Laga Qatar Vs Senegal: Edouard Mendy Tembok Kokoh Lions Of Teranga

Qatar 1-3 Senegal: Tersingkir, Tuan Rumah Jadi Penonton Setia

Bintang Laga Wales Vs Iran: Mehdi Taremi Hadirkan Petaka bagi The Dragons

Kebahagiaan turut dirasakan oleh Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grinch. Menurutnya acara ini bisa mempererat kedekatan antara Indonesia dan Belanda lewat sepak bola.

"Sepak bola di Indonesia sangat populer, jika saya pergi ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung, pasti selalu bicara tentang sepak bola."

"Saya juga kaget fans timnas Belanda banyak di Indonesia," tutur Lambert.

Indonesia dan Belanda memang memiliki hubungan yang cukup erat karena sejarah panjang yang melibatkan kedua negara di masa lalu, termasuk di bidang sepak bola.

Karena itu, pihak KNVB turut mengundang Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita dan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro.

Indra Sjafri pun menyampaikan harapannya untuk Tim Oranje yang sedang berjuang di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Kita tahu sendiri ada hubungan spesial antara Indonesia dan Belanda, jadi saya berharap Timnas Belanda bisa masuk final Piala Dunia 2022," ucap Indra Sjafri.