BolaSkor.com - Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, menjelaskan kronologis perubahan SK (Surat Keputusan) untuk Tontowi Ahmad. Menurut Richard, semua itu merupakan keputusan PBSI.

Riak terjadi di tengah mundurnya Tontowi sebagai pebulu tangkis pada Senin (18/5). Pemenang Olimpiade 2016 itu merasa keberatan dengan perubahan SK menjadi magang.

Sebelumnya, Susy Susanti sudah mengklarifikasi alasan mengubah status Tontowi. Kini, Richard yang merupakan pelatih Tontowi ikut angkat bicara.

Baca Juga:

Ikuti Tontowi Ahmad, Sony Dwi Kuncoro Ceritakan Pengalaman Didegradasi PBSI

Kenangan Richard Mainaky Latih Tontowi Ahmad

"Jadi dari pembinaan prestasi (binpres) meminta nama-nama SK untuk utama, pratama, dan magang atau sparing. Saya dan Nova sudah masukkan Tontowi ke SK utama, tetapi ada catatan khusus," tutur Richard.

"Tontowi sempat ada permintaan ganti dengan Apriyani, dia sudah ada gambaran. Dengan itu saya ambil kembali Akbar, kalau tidak nanti sulit untuk Winny. Jadi saya bicara dengan Herry IP."

"Kami bicara dengan Susy, dia juga setuju. Akbar pindah ke ganda campuran dan kuotanya melebihi. Sementara itu, Tontowi tidak ada partner karena Apriyani utamanya dengan Greysia. Mungkin itu alasan PBSI, tak ada partner dan melebihi kuota," lanjutnya.

Setelah Tontowi mengungkapkan rasa keberatannya dengan perubahan SK, sejumlah pebulu tangkis ikut bersuara di sosial media. Satu di antaranya adalah Sony Dwi Kuncoro.