BolaSkor.com - Pereli nasional Rifat Sungkar yang tergabung dalam Mitsubishi XPANDER Rally Team (MXRT) akhirnya memastikan gelar juara Rally Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) sekaligus Kejuaraan Nasional Rally 2022, Minggu (25/9). Hasil tersebut diraih setelah Rifat Sungkar, yang berpasangan dengan navigator Benjamin Searcy, menuntaskan 4 Special Stage (SS) di Leg 2 (hari kedua).

Menggunakan kendaraan Mitsubishi Expander AP4, Rifat Sungkar membukukan total catatan waktu 2:02:24.4 atau unggul hampir dua menit dengan peringkat dua pasangan Musa Rajekshah/Hervian Sudjono.

Untuk posisi ketiga direbut pebalap senior Ricardo Gelael yang pada balapan seri Asia Pacific Rally Championship (APRC) dan Kejurnas Reli berpasangan dengan Rony Maroun dengan membukukan total catatan waktu 2:12:33.0.

Rifat Sungkar sendiri sangat puas atas hasil yang ia raih. Menurutnya gelar juara yang diraih adalah hasil dari kekompakan semua pihak di dalam tim.

“Saya sangat puas dan bangga dengan hasil yang kami peroleh. Menjadi juara di Rally Danau Toba APRC bukan semata karena usaha saya dan Ben di balik kemudi, tapi hasil kerja keras seluruh tim. Mitsubishi XPANDER AP4 juga tampil hebat," ujar Rifat.

"Meski sempat didera masalah, mobil itu tetap mampu memberikan penampilan terbaik. Saya juga bangga dapat merasakan langsung kehebatan XPANDER AP4 di lintasan reli yang paling berat yang pernah dihadapi mobil ini."

Apa yang diraih di Reli Danau Toba 2022 yang juga merupakan seri Kejurnas Reli ini akan dijadikan bekal Rifat Sungkar untuk menghadapi balapan sama yang berlangsung di Muaro Bungo, Jambi bulan depan.

Lebih lanjut Rifat Sungkar mengemukakan bahwa secara pribadi hasil yang diraih di Rally Danau Toba merupakan penantian selama 12 tahun di ajang reli.

“Ini pencapaian yang luar biasa karena mampu juara di ajang reli tingkat Asia Pasifik. Bagi saya pribadi hasil ini memberi kebanggan tersendiri, sementara bagi Mitsubishi hal ini memperpanjang catatan emas Mitsubishi di arena reli,” ungkap Rifat.