Rio Ferdinand Lebih Gugup Hadapi Chelsea ketimbang Barcelona di Liga Champions

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 08 April 2020
Rio Ferdinand Lebih Gugup Hadapi Chelsea ketimbang Barcelona di Liga Champions
Rio Ferdinand (Twitter)

BolaSkor.com - Rio Ferdinand memang punya kenangan buruk saat berhadapan dengan Barcelona karena sempat kalah dua kali di final Liga Champions. Namun mantan bek Manchester United itu mengaku lebih gugup ketika menghadapi Chelsea ketimbang Blaugrana.

Sepanjang kariernya, Ferdinand pernah tampil tiga kali di final Liga Champions. Selain menghadapi Barcelona pada 2009 dan 2011, ia juga tampil ketika Manchester United bersua Chelsea pada edisi 2008.

Laga kontra Chelsea menjadi satu-satunya partai final yang dimenangi Ferdinand bersama Manchester United. Namun pemain yang pensiun pada 2015 mengakui rasa gugup ketika menjalani pertandingan tersebut melebihi dua final lainnya.

Hal itu terlihat wajar karena laga kontra Chelsea merupakan final perdana bagi Ferdinand. Namun profil lawan yang berasal dari negara yang sama membuat tekanannya semakin tinggi.

Baca Juga:

UEFA Targetkan Liga Champions 2019-20 Berakhir pada Agustus

Kabar Terkini 11 Pemain Villarreal yang Tampil di Semifinal Liga Champions 2005-2006

Harry Maguire Ingin Ikuti Jejak Rio Ferdinand di Manchester United

"jika mengalahkan tim dari Italia, Spanyol atau Jerman, maka kami tidak akan bertemu mereka mungkin dalam satu atau dua tahun ke depan. Sedangkan jika kalah dari Chelsea di Moskow, itu jadi cerita rakyat," kata Ferdinand dikutip dari Mirror.

"Sejarah itu akan terus dibahas setiap kali kami bertandang ke stadion mereka minimal dua kali setahun dan saat bertemu para suporter."

Selain itu, Ferdinand juga merasa aneh karena harus 'saling bunuh' dengan rekan-rekannya di Timnas Inggris. Apalagi setelah pertandingan, mereka akan saling bahu-membahu membela The Three Lions di Piala Eropa.

Rio Ferdinand (kiri) pada laga final Liga Champions 2008.

"Bermain melawan teman-teman di timnas yang tumbuh bersama saya membuat tekanan jauh lebih tinggi seakan menjadi binatang buas bahkan sejak sebelum peluit dibunyikan karena semakin banyak yang dipertaruhkan," tambahnya.

Meski gugup, Ferdinand tampil cukup solid dalam laga final tersebut. Ketika itu, duel Manchester United kontra Chelsea harus diselesaikan lewat drama adu penalti karena bermain imbang 1-1 hingga waktu normal dan perpanjangan waktu berakhir.

Breaking News Rio Ferdinand Chelsea Manchester United Barcelona Liga Champions
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan