BolaSkor.com - Kiprah Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer Manchester United kerap diiringi dengan badai kritikan. Salah satu yang paling rajin melakukannya belakangan ini adalah Rio Ferdinand.

Solskjaer dan Ferdinand merupakan mantan rekan setim di Manchester United. Keduanya berbagi ruang ganti selama lima musim.

Namun fakta tersebut tak membuat hubungan keduanya terjalin baik. Terbukti, Ferdinand berani mengkritik kinerja Solskjaer secara terbuka di media.

Baca Juga:

Solskjaer Tegaskan Cristiano Ronaldo Tak Intervensi Taktiknya

Solskjaer Anggap Dirinya Terus Ada di Tepi Jurang

Rio Ferdinand Ungkap Kebodohan Moyes dan Woodward di Bursa Transfer

Ole Gunnar Solskjaer dan Rio Ferdinand semasa bermain.

Ferdinand tercatat mengkritik perlakuan Solskjaer kepada Phil Jones. Ia tak habis pikir dengan keputusan sang manajer yang tidak melepas bek berusia 29 tahun tersebut.

Jones sudah tak pernah merumput sejak awal tahun 2020. Ia mengalami cedera lutut parah yang mengharuskan menjalani perawatan dalam waktu lama.

Terbaru, Ferdinand mengkritik Solskjaer yang membiarkan Cristiano Ronaldo memberikan instruksi dari pinggir lapangan. Momen itu terjadi saat Manchester United takluk dari Young Boys pada ajang Liga Champions.

Solskjaer pun tak tinggal diam dengan kritikan Ferdinand. Ia meminta mantan rekan setimnya itu untuk tak banyak bicara.

“Rio terkadang mengomentari hal-hal yang sebenarnya tidak dia ketahui,” kata Solskjaer usai laga kontra West Ham United.

Respons keras Solskjaer itu ternyata sudah diketahui Ferdinand. Ia mengaku tak bermaksud mengganggu kinerja atau meragukan kualitas pria berkebangsaan Norwegia tersebut.

"Ketika saya melihat Ole, saya akan memeluknya erat-erat. Saya akan menjabat tangannya dan berkata bahwa itu (kritik) semua adalah cinta dan saya penggemar terberatnya," kata Ferdinand dalam acara Vibe with Five.

"Pada akhirnya, saya pikir mereka tahu jauh di lubuk hati bahwa tidak ada kebencian dalam diri saya. Mereka semua berbagi ruang ganti dengan saya sehingga tahu seperti apa saya."

"Jika saya salah, saya akan mengangkat tangan, seperti yang saya lakukan minggu lalu dengan Phil Jones," tambahnya.

Ferdinand sebenarnya bukan satu-satunya mantan pemain Manchester United yang mengkritik kinerja Solskjaer. Nama-nama seperti Gary Neville, Roy Keane, hingga Dimitar Berbatov juga pernah melakukan hal serupa.

Namun Ferdinand dengan tegas mendukung penuh kepemimpinan Solskjaer di Manchester United. Ia bahkan menjadi salah satu orang yang mendorong petinggi klub untuk memperpanjang kontrak Ole.

"Ole di belakang kemudi, itu tidak terjadi sampai saya mengatakannya. Saya tidak punya keluhan dengan siapa pun di Man United," tegasnya.