BolaSkor.com - Mantan pembalap Formula 1 (F1), Rio Haryanto, membagikan tipsnya kepada generasi muda Indonesia yang ingin berkarier di ajang Jet Darat. Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan yakni kerja keras, ambisi, dan sikap.

Rio merupakan pembalap Indonesia pertama yang berhasil menembus F1. Bersama tim Manor Racing, pria asal Solo itu menghabiskan setengah musim pada F1 2016.

Meski kariernya tidak panjang, pencapaian tersebut tidak didapat dengan mudah. Rio harus melalui banyak proses sebelum akhirnya berhasil duduk di balik kemudi F1.

Baca Juga:

Komponen di Swingarm Kurangi Temperatur Ban Tujuh Derajat Celcius, Valentino Rossi Kepincut

Lomba F1 GP China: Lewis Hamilton Dominan, Ferrari Terlibat Skandal Team Orders

"Pastinya setiap pembalap itu harus punya ambisi. Dia harus tahu mau ke mana dan jadi apa," ujar Rio.

"Kedua mau bekerja keras. Tidak ada hasil yang didapat dengan mudah. Ketiga yang harus dijaga itu sikap, jangan pernah menjadi sombong meski sudah juara," sambung pembalap berusia 26 tahun tersebut.

Menurut Rio, jika ketiga hal tersebut dijalani akan semakin memudahkan pembalap mendapatkan sponsor. Menjadi driver F1 memang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Sebagai gambaran, saat berada di tim Manor Racing dengan status pay driver, Rio harus merogoh kocek sebesar 15 juta euro. Namun, karena keterbatasan dana, Rio hanya bisa membayar tujuh juta euro dan bertahan setengah musim.

"Yang paling penting mau usaha. Karena di F1 itu biayanya tidak mudah, jadi harus menarik sponsor," tutur Rio Haryanto.