Riyad Mahrez dan Daftar Lengkap 10 Pemain Termahal Afrika

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 17 Juli 2018
Riyad Mahrez dan Daftar Lengkap 10 Pemain Termahal Afrika
Riyad Mahrez (Foto: Laman Resmi Manchester City)

BolaSkor.com - Manchester City memecahkan rekor transfer klub ketika membeli Riyad Mahrez dari Leicester City sebesar 60 juta poundsterling. Dia menjadi rekrutan pertama The Citizens di bursa transfer musim panas ini.

Nama Mahrez langsung melambung tinggi sebagai rekrutan termahal yang berasal dari Afrika. Kendati demikian, peraih titel Premier League 2015/16 dengan Leicester itu tidak menempati urutan teratas daftar pemain termahal asal Afrika.

Berikut 10 pemain-pemain termahal asal Afrika yang pernah ditransfer suatu klub:

1. Emmanuel Adebayor - 25 Juta Poundsterling

Man City pernah merekrut Emmanuel Adebayor di masa primanya pada tahun 2009 dari Arsenal. Manchester Biru membelinya seharga 25 juta poundsterling dan menjadikannya pemain termahal Afrika saat itu.

Adebayor bertahan di Etihad Stadium hingga tahun 2012 - sempat dipinjamkan ke Real Madrid dan Tottenham Hotspur. Momen terkenalnya terjadi ketika dia merayakan gol ke gawang Arsenal di depan hadapan fans The Gunners. Saat ini, Adebayor bermain di Turki bersama Istanbul Basaksehir.

2. Wilfried Bony - 28 Juta Poundsterling

Medio 2013-2015 menjadi titik permulaan karier Wilfried Bony yang membuatnya populer di Premier League. Man City (lagi) membelinya di bursa transfer musim dingin Januari 2015 sebesar 28 juta poundsterling dari Swansea City.

Sayang, performa bagus striker asal Pantai Gading itu di Swansea tidak berlanjut ke Man City. Dia menjadi pemain flop di sana dan akhirnya dijual kembali ke Swansea tahun lalu.

3. Islam Slimani - 29,5 Juta Poundsterling

Leicester butuh penyegaran di lini depan pasca menjuarai Premier League 2015/16. Jamie Vardy, Ahmed Musa, dan Shinji Okazaki merupakan penyerang dengan tipe striker modern yang rajin menjemput bola, sementara Leonardo Ulloa tidak jadi pilihan utama Claudio Ranieri.

The Foxes kemudian merekrut Islam Slimani dari Sporting Lisbon di tahun 2016 sebesar 29,5 juta poundsterling plus bonus tambahan. Tipikal bermainnya seorang target man. Namun sayangnya, pemain asal Aljazair gagal tampil optimal di Leicester dan dipinjamkan ke Newcastle United musim lalu

4. Eric Bailly - 30 Juta Poundsterling

Pasca tampil hebat bersama Villarreal dan membawa klub lolos ke semifinal Liga Europa 2015/16. Eric Bailly dibeli Manchester United sebesar 30 juta poundsterling kala usianya masih beruumur 22 tahun.

Pilihan Jose Mourinho tidak salah. Bailly tampil lugas dan tidak kenal kompromi mengamankan pertahanan Man United di musim 2016/17. Musim lalu, bek asal Pantai Gading tidak banyak bermain karena cedera.

5. Sadio Mane - 35 Juta Poundsterling

Fans Liverpool akan selalu mengidolakannya bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Sebelum kedatangan Salah, Mane merupakan rekrutan termahal Afrika dua tahun silam, ketika dibeli Liverpool dari Southampton sebesar 35 juta poundsterling.

Dua tahun bermain untuk The Reds di bawah arahan Jurgen Klopp, Mane memperlihatkan perkembangan pesat dalam permainannya. Penyerang sayap asal Senegal menjadi momok pertahanan lawan, khususnya di sisi kanan pertahanan. Musim lalu dia membantu Liverpool mencapai final Champions League.

6. Mohamed Salah - 36,9 Juta Poundsterling

Musim lalu Liverpool memecahkan rekor klub dan menjadikan Mohamed Salah pemain termahal saat membelinya seharga 36,9 juta poundsterling dari AS Roma. Kendati memecahkan rekor, nyatanya harga itu masih relatif murah jika dibandingkan dengan performanya musim lalu.

Winger asal Mesir mencetak total 44 gol musim lalu dan meraih banyak penghargaan. Level bermain dan jumlah golnya itu hanya bisa disaingi dua pemain terbaik dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

7. Naby Keita - 52,75 Juta Poundtersling

Transfer Naby Keita dari RB Leipzig ke Liverpool sedianya berakhir musim lalu. Akan tetapi, kedua tim sepakat baru melakukan transfer gelandang asal Guinea itu di musim panas ini.

Keita hadir sebagai rekrutan ketiga Liverpool bersama Fabinho dan Xherdan Shaqiri. Transfernya seharga 52,75 juta poundsterling memecahkan rekor transfer klub. Gelandang berusia 23 tahun merupakan tipikal pemain pekerja keras yang menghidupkan lini tengah permainan.

8. Pierre-Emerick Aubameyang - 56 Juta Poundsterling

Kepergian Olivier Giroud Januari lalu dari Arsenal membuka jalan kedatangan striker asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang. Dia dibeli seharga 56 juta poundsterling dari Borussia Dortmund.

Aubameyang bereuni kembali dengan mantan rekan setimnya di Dortmund, Henrikh Mkhitaryan dan Sokratis Papastathopoulos. Kemampuan Aubameyang bermain di banyak posisi di lini depan, plus kecepatannya berlari, dia bisa jadi aset penting bagi Unai Emery dan peninggalan berharga dari Arsene Wenger.

9. Riyad Mahrez - 60 Juta Poundsterling

Ibarat cinta lama yang bersemi kembali, Riyad Mahrez akhirnya mampu merealisasikan mimpinya bergabung dengan Man City, klub yang sudah lama menginginkannya sejak musim panas lalu.

Sebelum rekor transfer 60 juta poundsterling pecah, Man City nyaris mendapatkannya Januari lalu. Tetapi saat itu, Leicester tidak ingin melepasnya karena belum menemukan pengganti penyerang sayap asal Aljazair. Kehadirannya akan menghidupkan serangan di sisi sayap.

10. Cedric Bakambu - 65 Juta Poundsterling

Bermain untuk timnas Prancis usia muda U18 hingga U20, Cedric Bakambu lebih memilih timnas senior Kongo pada tahun 2015. Profilnya tidak sebesar pemain-pemain di atas, tapi, tidak menutup fakta dia dibeli oleh Beijing Guoan Februari lalu dari Villarreal sebesar 65 juta poundsterling.

Bakambu, 27 tahun, disinyalir memiliki gaji kotor sebesar 22 juta poundsterling per tahunnya. Dia menebus segalanya dengan ketajaman mencetak gol di mana dia mencetak delapan gol dari delapan laga pertama di Chinese Super League.

Breaking News Bursa transfer Afrika Riyad Mahrez Sadio Mane Mohamed salah Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan