BolaSkor.com - Persis Solo tak mau terus kecewa dengan kekalahan telak 1-5 atas Persebaya Surabaya, Sabtu (26/11). Justru dari laga itu Gianluca Pandeynuwu mendapat pelajaran penting jelang lanjutan Liga 1 2022/2023.

Gianluca sengaja diberi kesempatan bermain meski sore itu Riyandi masih di Solo. Eks kiper Barito Putera baru gabung Timnas Indonesia di Bali pada Minggu (27/11).

Gianluca ditampilkan karena tim pelatih ingin memberinya menit bermain. Saat pemusatan latihan di Malaysia, Gianluca juga diberi kesempatan main lawan klub Singapura, Tanjong Pagar United FC.

Meski gawangnya harus kebobolan lima gol, Gianluca tak bisa jadi sasaran penghakiman. Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menilai laga melawan Persebaya menjadi pembelajaran semua pemain, termasuk Gianluca.

Rasiman pun memberi dukungan penuh bagi Gianluca. Selama persiapan dan perhelatan Piala AFF 2022, Gianluca berpotensi jadi pemain inti, karena Riyandi dipanggil Timnas Indonesia.

"Ini kesempatan yang bagus untuk memberi dia menit bermain. Mudah-mudahan dari game kemarin kita bisa melakukan evaluasi, meningkatkan kinerjanya, karena Riyandi akan absen dalam jangka waktu lama," kata Rasiman.

Baca Juga:

Kementerian PUPR Pastikan Stadion Kanjuruhan Pakai Single Seat

Lanjutan Liga 1 Pakai Sistem Bubble, Pelatih Madura United: Saya Tidak Menyukainya!

Menurut Rasiman, kekalahan telak atas Persebaya merupakan kekalahan tim, bukan individu. Terjadinya lima gol bagi Persebaya juga atas kesalahan tim, bukan satu individu saja.

"Tidak adil kalau semua dilimpahkan ke Gianluca. Dalam sepak bola itu tidak mungkin ada single mistake, pasti accumulation of mistake. Jadi tidak bisa menyalahkan satu atau dua orang saja," jelas Rasiman.

Meski musim ini baru bermain satu kali di Liga 1, namun sejatinya Gianluca merupakan andalan bawah mistar Borneo FC musim lalu.

Maka, Rasiman yakin bahwa dalam waktu kedepan Gianluca akan semakin berkembang. Persis Solo sangat siap andai Liga 1 dimulai dalam waktu dekat.

"Memang tidak mudah ketika lama tidak main dan langsung tampil di situasi kompetitif. Dari uji coba seperti ini sangat bagus untuk mengembalikan match fitness dan match situation. Dengan berjalannya waktu, dia pasti akan membaik," ucap Rasiman.

Selain Riyandi dan Gianluca, Persis Solo juga punya eks kiper Persija, Pancar Nur Widiastono dan kiper Timnas Indonesia U-20, Erlangga Setyo. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)