BolaSkor.com – Perjalanan Timnas Indonesia U-23 untuk melaju ke babak final SEA Games 2019 terbilang tidak mudah. Berada dalam Grup B yang terbilang cukup sulit, namun tim asuhan Indra Sjafri ini bisa lolos dari babak fase grup tersebut.

Memiliki persiapan yang cukup panjang dengan berbagai rangkaian uji coba internasional. Timnas Indonesia U-23 berangkat dengan modal yang sangat baik ketika berhasil mengalahkan Iran 2-1 pada laga uji coba internasional terakhirnya.

Ketika sampai di Manila, tantangan terbesar Skuat Garuda Muda ada pada pertandingan pertama. Ya, menghadapi Thailand U-23 merupakan ujian tebesar bagi Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2019 kali ini.

Baca Juga:

Indra Sjafri Sebut Pemain Timnas Indonesia U-23 Sudah Memiliki Mental Juara

Jadi Aktor Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Myanmar, Evan Dimas Dapat Ucapan Terima Kasih dari Indra Sjafri

Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23. (PSSI)

Tapi dengan penampilan yang sangat baik dan tidak kenal menyerah Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan sang juara bertahan dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Pertandingan kedua Timnas Indonesia U-23 juga harus bersusah payah mengalahkan Singapura U-23. Kembali Osvaldo Haay menjadi sosok penting tim ini dalam urusan mencetak gol. Satu gol selanjutnya dicetak oleh Asnawi Mangkualam.

Ujian sebenarnya Timnas Indonesia U-23 ada pada pertandingan ketiga Grup B ketika menghadapi Vietnam U-23. Pasalnya jika berhasil mengalahkan Vietnam, tiket semifinal SEA Games 2019 semakin mudah untuk didapat.

Timnas Indonesia U-23 harus dipaska bermain bertahan pada laga ini, bahkan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan sempat unggul lewat gol Sani Rizki, tapi akhirnya Skuad Garuda Muda harus takluk 1-2 dari Vietnam.

Baca Juga:

Pelatih Vietnam Bicara soal Janji, Kelebihan Timnas Indonesia U-23, dan Tekad Menang Lagi di Final

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2019: Timnas Indonesia U-23 Vs Vietnam

Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23 saat latihan. (PSSI)

Selepas dari pertandingan tersebut, Skuat Garuda Muda bangkit dan berhasil mengalahkan Brunei Darussalam U-23 dengan skor 8-0, dan Laos U_23 pada pertandingan terakhir 4-0. Hasil tersebut membawa Timnas Indonesia lolos ke semifinal dengan predikat runner-up Grup B.

Bermain di semifinal, Timnas Indonesia U-23 menghadapi Myanmar. Ini pertandingan paling panjang yang dijalani oleh Skuat Garuda Muda. Sempat unggul 2-0 lewat gol yang dicetak oleh Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri, tapi akhirnya bisa disamakan 2-2 oleh Myanmar.

Pada perpanjangan waktu, Timnas Indonesia bermain lebih efektif lagi dan menguasai pertandingan. Alhasil, gol kedua dari Evan Dimas dan satu gol penutup dari Osvaldo Haay membawa Timnas Indonesia melaju ke babak final.

Statistik Timnas Indonesia U-23:

Fase Grup B:

Indonesia 2-0 Thailand
Indonesia 2-0 Singapura
Indonesia 1-2 Vietnam
Indonesia 8-0 Brunei Darussalam
Indonesia 4-0 Laos

Semifinal:

Indonesia 4-2 Myanmar

Gol: 21
Kemasukan: 4
Rataan Gol: 3,5 gol per laga
Top Skorer: Osvaldo Haay (8 Gol)

Timnas Indonesia U-23
Statistik Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam U-23. (BolaSkor.com/Grafis)