BolaSkor.com - Robert Rene Alberts mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persib Bandung pada Rabu (10/8). Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi penampilan Persib di tiga laga awal Liga 1 2022/2023.

Di tiga pertandingan tersebut Persib hanya meraup satu poin, hasil dari sekali imbang dan dua kekalahan tanpa meraih kemenangan. Persib pun terpuruk di peringkat 17 klasemen saat ini.

"Keputusan mundur dari pelatih kepala merupakan sikap yang diambil Robert. Langkah itu diambil demi kebaikan Persib," tulis keterangan resmi Persib.

Bagi kubu Persib, adanya pergantian pelatih di awal musim sebetulnya bukan merupakan situasi yang ideal. Namun, didasari semangat saling menghormati dan kebaikan bersama, keputusan Robert dinilai yang terbaik untuk saat ini.

"Hatur Nuhun (terima kasih) Robert Alberts untuk profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan untuk tim yang tidak akan kami lupakan," bunyi keterangan Persib selanjutnya.

Baca Juga:

Persib Terus Mendapat Terpaan, dari Kritik, Desakan hingga Peretasan

Persib Bandung Jeblok, Bobotoh Geruduk Manajemen Minta Robert Alberts Dipecat

Robert Rene Alberts sebetulnya masih terikat kontrak bersama Persib sampai musim 2025. Kedua pihak baru memperpanjang kerja sama tersebut pada Agustus tahun lalu (2021).

Namun, pencapaian pelatih asal Belanda tersebut di tiga laga awal membuat suporter Persib kecewa dan marah. Mereka menuntut sang pelatih untuk mundur dengan melakukan aksi massa di Graha Persib, Rabu (10/8) siang WIB.

Robert Alberts menukangi Persib sejak Liga 1 2019. Dia datang untuk menggantikan Miljan Radovic yang dipecat. Di tahun pertamanya, sang meneer membawa Persib finis di peringkat 6 dengan 51 poin.

Di musim berikutnya, Robert Alberts sempat membawa Persib menduduki puncak klasemen dengan meraih tiga kemenangan beruntun. Namun, kompetisi musim 2020 itu akhirnya dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Sementara di Liga 1 2021/2022 atau musim lalu, Robert Alberts membawa Maung Bandung ke peringkat kedua di bawah Bali United yang keluar sebagai juara. Itu merupakan posisi terbaik Persib sejak terakhir kali jadi juara Liga Super Indonesia 2014.