Robert Lewandowski dan 5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Eropa 2019-20

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 19 Desember 2019
Robert Lewandowski dan 5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Eropa 2019-20
Robert Lewandowski (Twitter)

BolaSkor.com - Persaingan di liga-liga top Eropa semakin bertambah seru memasuki penghujung tahun 2019. Bukan hanya merebutkan titel liga atau zona Eropa, entah itu Liga Europa atau Liga Champions, perebutan penghargaan Sepatu Emas Eropa juga seru.

Beberapa nama muncul menjadi kuda hitam dalam perebutan top skor di Eropa atau di liganya masing-masing seperti: Rouwen Hennings (Fortuna Dusseldorf - 10 gol), Joao Pedro (Cagliari - 10 gol), dan Wissam Ben Yedder (Monaco - 11 gol).

Tentu saja nama-nama lama seperti Robert Lewandowski, Jamie Vardy, Karim Benzema, Lionel Messi, Ciro Immobile, dan Cristiano Ronaldo, tetap ada dalam persaingan tersebut.

Tidak sekedar memberikan informasi soal top skor di liga-liga top Eropa musim ini, BolaSkor.com juga akan menjabarkan siapa kandidat terdepan peraih Sepatu Emas Eropa. Hitung-hitungannya tidak sederhana.

Menilik dari laman resmi UEFA, jumlah gol para top skor sementara di liga masing-masing itu akan dikali dengan tingkat kesulitan di liga masin-masing. UEFA memiliki daftar koefisien liga-liga Eropa. Hanya lima liga top Eropa yang dikali dua dengan torehan gol mereka, sementara liga-liga papan tengah dikali 1,5, lalu di bawahnya dikali satu.

Berikut penjabaran enam kandidat kuat peraih penghargaan Sepatu Emas Eropa 2019-20:

1. Robert Lewandowski (19 gol)

Robert Lewandowski

Penyerang Bayern Munchen menjadi top skor Bundesliga dari 16 pekan dengan catatan 19 gol. Robert Lewandowski ditempel oleh bomber RB Leipzig, Timo Werner, yang telah menorehkan 18 gol.

Dalam daftar kandidat peraih Sepatu Emas Eropa, Lewandowski ada di urutan teratas dengan nilai 38, hasil dari 19 gol dikali nilai dua. Di bawahnya ada Werner. Penyerang timnas Jerman memiliki nilai 36.

2. Ciro Immobile (17 gol)

Ciro Immobile

Peningkatan performa Lazio arahan Simone Inzaghi di Serie A tak lepas dari ketajaman Ciro Immobile mencetak gol. Sejauh ini, dari 16 laga Serie A, Immobile telah mencetak 17 gol. Penyerang timnas Italia ada di urutan tiga peraih Sepatu Emas Eropa dengan nilai 34, hasil 17 gol kali dua.

Immobile, 29 tahun, memimpin sendiri dengan koleksi 17 gol. Pasalnya, di bawahnya ada tiga penyerang yang bersaing ketat dengan jumlah 10 gol, yakni: Cristiano Ronaldo, Joao Pedro, dan Romelu Lukaku.

3. Jamie Vardy (16 gol)

Jamie Vardy

Terakhir kali Jamie Vardy menjadi top skor di Premier League, Leicester City keluar sebagai juara pada musim 2015-16. Akankah hal itu terulang kembali? Tidak ada yang tahu, sebab Liverpool bermain sangat konsisten musim ini.

16 gol Vardy, dikali dua, ada di peringkat empat daftar kandidat peraih Sepatu Emas Eropa dengan nilai 32. Di bawah Vardy ada Erik Sorga, bintang muda klub Estonia, Flora, dengan torehan 31 gol. Tapi, dengan tingkat persaingan liga yang rendah, nilai Sorga hanya 31 gol (dikali satu).

4. Karim Benzema (12 gol)

Karim Benzema

Karim Benzema saat ini ada di urutan 10 kandidat peraih Sepatu Emas Eropa. Tapi, penyerang Real Madrid masih dapat naik melewati Ilya Shkurin (nilai 28,5), Shon Weissman (nilai 25,5), Kamil Wilczek (nilai 25,5), dan Klaemint Olsen (nilai 25), dengan tingkat persaingan liga yang lebih sulit.

Dengan 12 gol Benzema di LaLiga saat ini, maka dia meraih 24 poin hasil 12 gol dikali dua. Benzema belum pernah meraih Sepatu Emas Eropa. Satu-satunya penghargaan top skor yang pernah diraihnya terjadi pada musim 2007-08 di Ligue 1 ketika Benzema memperkuat Olympique Lyonnais (Benzema mencetak 20 gol).

5. Erling Braut Haaland (16 gol)

Erling Braut Haaland

Komoditas panas di bursa transfer pemain. Striker berusia 19 tahun RB Salzburg mencetak 16 gol di Austrian Bundesliga. Erling Braut Haaland butuh lebih ekstra bekerja keras jika berambisi meraih Sepatu Emas Eropa musim ini.

Pasalnya, jumlah golnya di Austrian Bundesliga hanya dikali 1,5, sebab persaingan liga yang tidak masuk kategori liga top Eropa. Haaland saat ini ada di urutan 11 daftar top skor sementara Sepatu Emas Eropa dengan nilai 24 gol.

6. Lionel Messi (12 gol)

Lionel Messi

'Mesin' peraih enam Ballon d'Or belum panas musim ini. Lionel Messi menorehkan gol yang sama dengan Benzema, 12 gol, dan saat ini masih ada di urutan 12 kandidat peraih Sepatu Emas Eropa dengan nilai 24 poin.

La Pulga, 32 tahun, sudah enam kali memenangi penghargaan Sepatu Emas Eropa, termasuk salah satunya diraih musim lalu dengan catatan 36 gol dan memiliki 72 poin.

Breaking News Sepatu emas eropa Trivia Sepak Bola Robert Lewandowski Lionel Messi Ciro Immobile Jamie Vardy
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan