Robert Lewandowski Mulai Tumpul, Xavi Hernandez Berikan Pembelaan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 19 Februari 2023
Robert Lewandowski Mulai Tumpul, Xavi Hernandez Berikan Pembelaan
Robert Lewandowski (Twitter)

BolaSkor.com - Robert Lewandowski tidak mampu mencetak gol dalam tiga laga terakhir bersama Barcelona. Namun statistik tersebut tak membuat panik sang pelatih, Xavi Hernandez.

Lewandowski awalnya tak mengalami kesulitan untuk beradaptasi usai pindah ke Barcelona sejak musim panas lalu. Ia dengan cepat menjadi tumpuan Blaugrana untuk mencetak gol.

Sejauh ini, Lewandowski sudah membukukan 23 gol dari 28 laga di semua kompetisi. Ia juga memimpin daftar top skorer sementara LaLiga 2022-2023 dengan koleksi 14 gol.

Baca Juga:

Konfirmasi Cedera Pedri, Barcelona Krisis Gelandang untuk Leg Dua Lawan Manchester United

Cedera, Pedri Absen pada Leg Kedua Kontra Manchester United

Barcelona Jawab Isu Datangkan Ilkay Gundogan pada Musim Panas 2023

Namun produktivitas gol Lewandowski mengalami penurunan signifikan usai gelaran Piala Dunia 2022. Sepanjang tahun 2023, ia baru membukukan satu gol di LaLiga.

Xavi menyadari penurunan produktivitas gol Lewandowski. Meski begitu, ia merasa penyerang berkebangsaan Polandia tersebut masih memberikan kontribusi dalam pertandingan.

"Saya pikir dia melakukannya dengan sangat baik, meski tidak bermain sebaik di awal musim. Skuad memiliki panutan dalam dirinya dan dia memberi kami banyak hal," kata Xavi pada sesi jumpa pers jelang laga kontra Cadiz dalam lanjutan LaLiga 2022-2023.

"Dia ada di level luar biasa dan sekarang sedang ada di bawah itu, tapi dia tidak main buruk. Kami akan lebih memanfaatkan jasanya di lini depan."

Xavi sejatinya bertanggung jawab dengan penurunan produktivitas gol Lewandowski. Keputusan mengubah formasi menjadi salah satu penyebabnya.

Barcelona bermain dengan formasi 4-4-1-1 dalam empat laga terakhir. Hal ini sebagai respons cederanya Ousmane Dembele.

Dengan skema ini, Barcelona mampu mencatatkan tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Namun Lewandowski hanya mampu membukukan satu gol.

Bermain sebagai penyerang tunggal membuat pergerakan Lewandowski lebih mudah dimatikan. Cerita akan berbeda andai ada dua sayap yang mendampingi seperti dalam formasi 4-3-3.

Xavi tampaknya akan terus memainkan skema 4-4-1-1 selama Dembele masih absen dan tren kemenangan terus berlanjut. Hal ini membuat Lewandowski harus bisa mencari cara untuk lebih tajam dengan sistem tersebut.

Robert Lewandowski Barcelona Xavi Hernandez Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan